Jenis-Jenis Brownies
Brownies adalah salah satu jenis kue yang banyak difavoritkan. Terutama bagi pencinta kue-kue cokelat.
Selain karena rasanya yang lezat, brownies juga cukup mudah untuk dibuat. Kue cokelat dan manis ini, biasanya terbuat dari campuran tepung, cokelat, mentega, gula, dan telur. Kemudian adonan bisa dipanggang atau dikukus sesuai selera kamu. Meski terlihat sama, ternyata brownies memiliki tiga tipe dasar yang dibedakan dari tekstur, rasio bahan-bahan yang digunakan, serta rasanya.
Berikut ini beberapa jenis brownies berdasarkan teksturnya :
• Fudgy Brownies
Brownies tipe ini cenderung padat dan pendek atau terlihat seperti bantet. Rasio penggunaan lemak (mentega dan coklat) lebih banyak dibandingkan tepung. Coklat yang digunakan adalah coklat leleh dari dark cooking chocolate atau chocochips. Untuk memberikan rasa coklat yang kuat, biasanya ditambahkan coklat bubuk.
• Chewy brownies
Sesuai namanya, jenis brownies satu ini punya tekstur chewy alias kenyal ketika dimakan. Jika dilihat penampilannya mirip seperti fudgy brownies, tapi teksturnya tidak sepadat itu karena tepung yang digunakan lebih banyak.
Chewy brownies biasanya dibuat menggunakan brown sugar untuk menciptakan tekstur kue yang lembab dan kenyal. Kombinasi minyak dan mentega juga kerap digunakan agar kue lebih kenyal.
• Brownies Cakey
varian brownies satu ini memang lebih mengembang karena ditambahkan sedikit baking powder atau baking soda. Meskipun begitu, kedua jenis penganan rasa cokelat yang enak banget ini masih bisa dibedakan, kok.
Seperti jenis-jenis lainnya, yang membedakan brownies cakey ini dengan kue coklat atau brownies lainnya adalah rasio bahan yang digunakan. Saat membuat brownies cakey ini, kamu harus mengombinasikan gula pasir berwarna putih dengan brown sugar. Dengan begitu, rasa dan teksturnya juga akan berbeda.
Selain itu, kamu juga perlu memelehkan mentega yang akan dipakai untuk bikin brownies ini. Tujuannya tentu saja agar hasil adonannya berbeda dengan adonan cake yang biasanya memakai mentega suhu ruang.
Tepung yang digunain juga harus lebih banyak dibandingkan lemaknya. Nah, untuk mengimbanginya, akan lebih baik lagi kalau kamu gunain cokelat bubuk. Dengan begitu, serat gluten dalam brownies ini akan lebih banyak, dan teksturnya pun akan jadi lebih ringan dan mudah mengembang.
Itulah jenis brownies yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat!