Gerbera
Masyarakat Indonesia lebih sering menyebut akan bunga gerbera ini sebagai gebras ataupun hebras. Secara ilmiah, untuk bunga gerbera ini tergolong dari species tanaman Asteraceae.
Selain itu, bunga ini juga cukup populer di dunia setelah bunga mawar, anyelir, krisan, dan tulip.Garbera atau gerbera merupakan jenis bunga yang digunakan untuk bahan buket karena keindahan serta wanginya yang khas.
Sebagai bunga hias pendatang baru, Tanaman hias gerbera kemudian menjadi komoditas bunga potong yang sangat penting di beberapa negara, salah satunya adalah Belanda dan Thailand. Selain dijadikan sebagai komoditas ekspor, Bunga gerbera juga merupakan bahan baku pembuat parfum minyak wangi karena minyat atsiri yang dihasilkannya. Secara agroekologi, bunga gerbera cukup cocok untuk ditanam di Indonesia, baik bunga gerbera jenis lokal maupun bunga gerbera yang di datangkan dari luar negeri (impor).
Di seluruh dunia, ada lebih dari 2.000 kultivar gerbera. Sebaran bunga gerbera paling utama terdapat di daerah tropis, seperti Amerika Selatan, Afrika, dan Asia. Bunga ini dapat dikembangkan di daerah dataran tinggi dan dataran rendah. Tetapi daerah yang paling cocok untuk pembudidayaan bunga potong gerbera adalah dataran tinggi yang memiliki iklim sejuk. Dan tahukah kamu? Bahwa sebagian besar gerbera yang kita kenal saat ini bukanlah species asli, melainkan bunga yang telah melalui hasil persilangan.
Bunga gerbera itu biasa dijadikan sebagai tanaman hias serta juga salah satu dari penghasil minyak atsiri. Ciri-ciri bunga ini bisa dikenali dari daun yang berbentuk memanjang dan memiliki gerigi halus di pinggirannya. Dari sudut pandang kesehatan bunga herbras dapat membuat tubuh manusia lebih rileks ketika beristirahat. Bunga ini dianggap mampu mengurangi zat-zat kimia atau polutan berbahaya jika kita menanamnya di sekitar rumah.
Gerbera juga cocok ditanam di dalam pot dan diletakkan di ruang tidur, karena bunga ini menghasilkan lebih banyak oksigen dibanding jenis bunga lainnya.
Bunga-bunga indah ini menghirup karbon dioksida dan menghembuskan oksigen di malam hari. Anda dapat menyimpannya di samping tempat tidur Anda dalam vas yang menawan untuk menambahkan keindahan estetika ke kamar tidur Anda. Gerberas Daisies membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.
Selain memiliki manfaat nyata, ternyata gerbera juga mempunyai unsur filosofis. Contohnya menurut etimologi Mesir Kuno yang mengganggap bunga garbera adalah lambang kedekatan manusia pada alam dan kesetiaan pada matahari.
Orang-orang Celtic atak Skandinavia mengaitkan garbera sebagai bunga yang mampu mengurangi kesedihan dan masalah kehidupan. Selain itu, beberapa makna atau arti bunga garbera antara lain:
Memberikan buket bunga gerbera seringkali dianggap oleh pasangan kekasih sebagai wujud cinta sejati. Ikatan gerbera menunjukkan kesungguhan akan hubungan kasih sayang yang sangat serius.
Paduan warna-warni bunga dapat menjadi simbol keceriaan dan menjadi hadiah yang tepat untuk berbagi kebahagiaan kepada orang-orang terkasih.
Buket bunga gerbera berwarna oranye mengartikan awal baru untuk menjalani kehidupan. Warna oranye pada bunga herbras dianggap sebagai hasil tangkapan sinar matahari yang terperangkap dan menghasilkan warna cerah.
Gerbera berwarna putih melambangkan kemurnian dan ketulusan cinta. Kemudian gerbera berwarna kunin mempunya makna keceriaan dan kegembiraan. Sedangkan bunga garbera berwarna merah muda merupakan simbol sambutan hangat dan biasa digunakan ketika ada kelahiran bayi.
Semoga Anda menyukai artikel ini!