Manfaat Lotus
Lotus atau seroja adalah salah satu jenis tanaman air yang banyak ditemukan hidup di daerah rawa-rawa. Tanaman ini dikenal memiliki bentuk yang unik dan bunga yang berwarna-warni. Hal ini yang membuat lotus banyak ditanam di kolam-kolam untuk dijadikan tanaman hias. Selain menjadi tanaman hias, tanaman lotus telah lama digunakan di Asia Timur dan Asia Tenggara sebagai hidangan maupun pengobatan tradisional. Di Indonesia, tanaman ini pun banyak ditemui.
Lotus biasa ditemui di sungai ataupun danau. Bagian-bagian lotus mulai dari biji, batang, daun, hingga bunganya memiliki manfaat bagi kesehatan.
Di samping kaya kandungan vitamin dan mineral, lotus juga dapat menjadi sumber asupan karbohidrat dan serat. Yuk, kita simak apa saja manfaat lotus bagi kesehatan tubuh.
·Mengandung Antioksidan
Bunga yang memiliki nama lain Chinese Arrowroot ini mengandung zat kimia alkaloid, fenolat, fenolik, tokoferol, flavonoid, serta saponin yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.
Kandungan tersebut mampu menghancurkan racun, menjaga kesehatan ginjal, serta bisa membuat tubuh tetpa fit.
·Lotus sebagai pencegah obesitas / kegemukan
Sejak zaman dulu, masyarakat di Cina mengkonsumsi ekstrak daun lotus untuk memperlancar proses metabolisme tubuh dan mencegah obesitas atau kegemukan pada tubuh manusia.
·Mengontrol Tekanan Darah
Salah satu zat gizi yang banyak ditemukan pada lotus adalah kalium. Zat ini diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan serta menjaga pembuluh darah tetap terbuka lebar (vasodilatasi).
Jadi, salah satu manfaat lotus adalah membantu menjaga tekanan darah tetap dalam batas normal.
·Lotus sebagai pencegah infeksi virus
Kandungan bahan kimia yang terdapat pada tanaman lotus diketahui dapat mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur. Salah satu bahan kimia yang terdapat pada tanaman ini adalah etanol yang diketahui dapat membantu menghambat perkembangan virus herpes. Selain itu, kandungan flavonoid dari daun lotus dapat membantu mencegah perkembangan virus HIV AIDS.
Kandungan bahan kimia alami lainnya yang terdapat dalam daun lotus dapat mencegah jamur tumbuh dan hidup di dalam tubuh manusia.
·Melancarkan pencernaan
Akar tanaman lotus mengandung karbohidrat kompleks, yang bisa membantu melancarkan pencernaan. Kamu bisa merebus akar lotus saat mengalami sembelit atau sulit buang air.
Kini Anda sudah tahu apa saja manfaat lotus, jadi tunggu apalagi, yuk coba masukkan lotus ke dalam menu harian Anda!