Fakta Menarik Bunga Krisan
Bunga krisan merupakan salah satu bunga terindah yang tak hanya bisa digunakan sebagai penghias ruangan, tetapi juga bisa dikonsumsi.
Secara umum bunga krisan dapat dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu dalam tipe standar dan spray. Bunga krisan standar akan menghasilkan satu kepala bunga di setiap satu tangkai, sedangkan tipe spray akan menghasilkan 3-7 bunga ditangkainya. Dari segi bentuk, bunga krisan dapat hadir dalam bervariasi wujud seperti daisy, spider, fuji, chusion, button dan disbud. Sedangkan untuk warna, bunga krisan banyak hadir dalam balutan warna putih, kuning, merah, orange, pink dan dua warna atau lebih.
Fakta Menarik Seputar Bunga Krisan:
• Pertama Kali Tumbuh di Cina
Bunga krisan sudah ada sejak lama. Bunga ini awalnya dibudidayakan di Cina dan pertama kali dicatat secara tertulis pada abad ke-15 Sebelum Masehi atau lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Krisan diyakini memiliki khasiat yang dapat dijadikan ramuan obat. Misalnya, akarnya dapat direbus dan digunakan sebagai obat sakit kepala.
Selain itu, krisan juga menjadi salah satu dari empat tanaman mulia dalam budaya Tiongkok, bersama dengan bunga plum, anggrek, dan bambu. Keempat tumbuhan ini banyak digunakan dalam lukisan dan puisi kuno serta dianggap mewakili empat musim dan kebajikan manusia. Krisan disebut melambangkan kemuliaan dan musim gugur, sesuai dengan waktunya bermekaran.
• Dapat Dimanfaatkan Menjadi Obat
Siapa yang tahu, ternyata dibalik keindahan bunga krisan ada khasiat yang dapat dimanfaatkan manusia, yaitu menjadi obat. 3000 tahun yang lalu, krisan digunakan oleh orang-orang dari daerah Tiongkok untuk menyembuhkan sakit kepala.
• Bagian tumbuhan yang digunakan untuk obat adalah akarnya yang direbus.
Memiliki Banyak Makna Bunga krisan mudah tumbuh dan ditemukan di hampir setiap negara. Bunga ini pun memiliki makna yang berbeda-beda di masing-masing negara. Di Amerika Serikat, krisan dilambangkan sebagai kegembiraan dan optimisme. Di Jepang, krisan sarat akan simbolik. Bunga ini telah digunakan sebagai lambang kaisar selama lebih dari 1.200 tahun dan masyarakat Jepang merayakan Hari Krisan Nasional setiap 9 September, yang juga dikenal sebagai festival kebahagiaan.
Namun, di banyak negara Eropa, termasuk Prancis, Belgia, dan Spanyol, krisan dikaitkan dengan kematian dan sering kali diberikan saat acara pemakaman atau ditempatkan di kuburan untuk menghormati mereka yang telah meninggal.
• Ada banyak varian
Warna yang umum dan populer bagi bunga krisan, yakni emas. Hanya saja sebenarnya bunga krisan ini memiliki banyak varian warna lain seperti kuning, merah, oranye, putih, merah muda serta ungu.
Tak hanya itu, bunga krisan juga memiliki banyak bentuk yang beragam, seperti tombol yang menjadi bentuk paling umum, anemon, bulu ayam, laba-laba, sendok, dan pompon.
• Digunakan sebagai insektisida
Mungkin sebagian orang sudah pernah mendengar bahwa bunga krisan bisa mengusir serangga yang mengganggu, seperti nyamuk. Namun, menanam beberapa krisan tidak cukup mampu mengusir nyamuk.
Minyak yang telah diekstrak dari bunga krisan telah digunakan sebagai insektisida atau senyawa untuk membasmi serangga selama berabad-abad. Jika melihat kata "pyrethrum" dalam daftar komposisi pada semprotan serangga, itu merupakan ekstrak bunga krisan yang menjadi salah satu bahan alami paling populer untuk membasmi serangga.
Wah, ternyata banyak juga fakta unik bunga krisan yang belum kita ketahui, ya. Semoga bermanfaat!