Danau Terjernih Di Dunia
Sungguh mengesankan melihat beberapa tempat yang memiliki air terjernih. Ada tempat yang memiliki kadar air termurni hingga 99,994 %.
Danau merupakan cekungan permukaan bumi yang bisa diakibatkan oleh banyak hal seperti pergerakan lempeng atau letusan gunung berapi. Cekungan tersebut kemudian diisi oleh air hujan dari tahun ke tahun dan membentuk ekosistemnya sendiri
Berikut tempat alami yang menawan di seluruh dunia dengan air jernih :
• Konigsee
Konigsee ini adalah danau alami yang berada di kaki gunung. Airnya yang sangat jernih membuat Konigsee menjadi spot pemandangan yang begitu indah. Menariknya lagi danau yang masih penuh misteri tersebut memiliki suhu yang tetap dingin walau musim panas.
• Sabah
antai-pantai di Sabah memang sangat indah. Selain perairannya yang jernih, di Sabah juga banyak dijumpai terumbu karang. Dari sinilah membuat banyak penyelam yang datang.
• Danau Hijau
Danau ini juga dikenal sebagai "Gruner See" berkat airnya yang hijau tetapi sangat jernih. Danau yang terletak di Styria, sebelah tenggara Austria ini adalah rumah bagi perairan hijau paling spektakuler yang pernah ada. Perairan jernihnya berasal dari salju yang mencair dari pegunungan Karst. Karena asal usul airnya, danau ini sangat dangkal selama bulan-bulan musim dingin.
Permukaan air mulai naik ketika cuaca menghangat dan salju mencair. Danau itu dulunya sangat populer di kalangan penyelam, yang akan pergi ke sana untuk memanfaatkan jarak pandang 50 m, padang rumput bawah air, dan jalan setapak. Tetapi semua olahraga air dilarang pada tahun 2016 karena para ahli khawatir bahwa endapan yang diaduk oleh penyelam menyebabkan air jernih menjadi lebih keruh.
• Pulau Palawan dan Sungai Hinatuan
Ada begitu banyak daerah indah di mana air jernih dapat ditemukan di Filipina, sehingga dua tempat di negara yang indah ini layak disebutkan dalam daftar ini. Sulit untuk menentukan mana yang terbaik, jadi mari kita lihat detail keduanya.
Pertama di Pulau Palawan. Ini mungkin tempat paling terkenal di Filipina untuk berenang di perairan laut yang jernih. Kepulauan Palawan terletak di Laut sub-Cina dan Laut Sulu. Ini menarik lebih dari 1 juta pengunjung setiap tahun dengan suaka margasatwa, terumbu karang, dan situs warisan dunia UNESCO. Salah satu peluang utama di daerah ini adalah menyelam di lokasi di mana 12 kapal karam Jepang dari Perang Dunia 2.
Sungai Hinatuan ditemukan di pulau Mindanao di Filipina. Warna-warna sungai yang indah dan kedalamannya yang belum dijelajahi memiliki banyak legenda, termasuk legenda yang mengatakan bahwa peri menambahkan rona biru padanya. Pada kenyataannya, kejernihan air disebabkan oleh asal-usulnya di hutan rimba.
• Danau Flathead
Danau Flathead adalah danau air tawar terbesar yang terletak di barat AS. Danau ini dikenal di seluruh dunia karena kejernihan airnya. Seseorang yang mengambang di permukaan danau ini muncul karena airnya sangat jernih. Danau itu adalah sisa-sisa laut pedalaman besar yang disebut danau Missoula yang meliputi banyak wilayah sekitar 13.000 tahun yang lalu.
Danau ini memiliki titik terdalam 113 meter dan dikatakan sebagai danau terbersih dari ukurannya di dunia. Alasan mengapa airnya sangat jernih adalah karena air itu berasal dari Pegunungan Rocky di sekitarnya. Airnya terdiri dari salju murni yang mencair.
• Danau Biru
Danau Biru di Selandia Baru alias "ROTOMAIREWENUA" memegang gelar sebagai danau paling jernih di dunia. Terletak di taman nasional Danau Nelson di Selandia Baru, Danau Biru menjalani pengujian ilmiah pada tahun 2011 dan hasilnya menunjukkan itu menjadi badan air tawar paling jernih yang dikenal manusia. Visibilitas danau ini adalah 80 meter yang membuatnya hampir jernih seperti air suling.
Danau ini saat musim semi begitu luar biasa jernih sehingga para pria suku setempat menganggapnya sakral. Taman nasional terbuka untuk hiking dan memancing. Di musim panas, posisi matahari yang lebih tinggi berarti lebih banyak cahaya menyentuh permukaan danau dan mengubahnya menjadi warna biru cerah.
Itulah beberapa danau terjernih di dunia. Semoga bermanfaat!