Manfaat Kopi Saat Sarapan
Banyak orang tidak menyadari manfaat minum kopi. Padahal minuman dengan aroma khas ini memiliki sisi baik untuk kesehatan.
Kopi sendiri adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi kedua di dunia setelah air. Ternyata kebiasaan sarapan atau meminum kopi saat sarapan, adalah kebiasaan yang sehat. Tapi, Anda harus tahu makanan apa yang cocok dengannya. Ada banyak orang yang meninggalkan rumah hanya dengan secangkir kopi. Itu dianggap sebagai sarapan. Ini yang salah dan sayangnya ini justru menjadi kebiasaan buruk yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan kita.
Melansir Healthline, minum kopi beberapa kali sehari dapat meningkatkan metabolisme, membakar lebih banyak lemak, memblokir penyerapan kalori, hingga menurunkan nafsu makan. Kopi mengandung kafein dan antioksidan yang disebut polifenol. Antioksidan ini memiliki manfaat mengurangi peradangan dan kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu, kopi terbukti dapat menekan nafsu makan sehingga membantu Anda mengurangi asupan kalori harian. Minum kopi sesaat sebelum makan dapat menurunkan tingkat lapar dan membuat Anda makan lebih sedikit, artinya kalori yang masuk tubuh juga lebih sedikit.
Tidak disarankan bagi orang insomnia mungkin idealnya minum kopi setelah sarapan atau dibarengi dengan makan pagi. Sebabnya, beberapa orang yang punya kesulitan tidur di malam hari tak disarankan minum kopi di pagi hari karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Profesor Fisiologi Metabolik di Universitas Bath, James Betts mengatakan, orang dengan gangguan tidur sebaiknya minum kopi setelah sarapan. Pastikan sarapan Anda juga rendah gula sehingga tak membuat kadar glukosa darah naik.
Kopi kaya akan antioksidan, yang memperkuat sel-sel kita dan melindunginya dari radikal bebas. Ini melindungi kita dari jenis stres tertentu, jadi meminumnya di pagi hari adalah kebiasaan sehat yang layak dilakukan. Menariknya, kopi hijau lebih kaya antioksidan dan bahkan lebih baik dalam membakar lemak.
Itulah informasi mengenai manfaat meminum kopi saat sarapan. Semoga bermanfaat!