Fakta Unik Macaron
Macaron adalah camilan yang memiliki bentuk lucu menggemaskan dengan cita rasa manis yang terbuat dari meringue.
Macaron merupakan sejenis makanan ringan atau kudapan khas Prancis yang pada dasarnya memiliki keterkaitan dengan kue meringue. Umumnya macaron memiliki bahan-bahan yang terbilang mudah ditemukan, namun cukup rumit pengolahannya. Bahan-bahan tersebut antara lain gula, putih telur, tepung almond, dan pewarna makanan.
Berikut beberapa fakta unik tentang Macarons :
• Macaron pertama berasal dari Italia dan bukan Prancis.
Kue ini awalnya dibawa tahun 1533 oleh koki bangsawan Italia (yang kemudian menjadi Ratu Prancis) Catherine De Medici. Macarons dikreditkan oleh Pierre Desfontaines yang memiliki ide untuk mengisinya dengan ganache kental.
• Memiliki Hari Nasional
Macaron memang memiliki eksistensi yang luar biasa hingga memiliki Hari Nasional tersendiri di New York yang jatuh pada tanggal 20 Maret dan masih diperingati sejak tahun 2010. Konon orang-orang New York akan memperingati hari macaron dengan cara membagikan atau mendapatkannya secara gratis melalui toko-toko kue.
• Aneka macam jenis macaron
Semakin berkembangnya dunia kuliner, ide-ide kreatif seputar pembuatan macaron pun semakin luar biasa. Dimulai dari warnanya yang semakin menarik bahkan tidak hanya terdiri dari satu warna, isian yang berbeda-beda dengan cita rasa yang manis hingga gurih, bahkan bentuknya yang semakin menarik dan tentu saja tidak hanya berbentuk bundar.
• Tidak Memiliki Isi dan Tidak Berwarna
Beberapa hal yang menarik dari Macaron adalah warnanya yang menarik mata dan filling smooth ganache yang menggugah selera. Akan tetapi, Macaron pada awalnya hanya kue sebuah kue yang polos terbuat dari bahan dasar bubuk almond, telur puth dan gula. Menurut sejarah, kue Macaron itu berasal dari kata Bahasa Itali “Maccarone” yang memiliki arti “paste”.
• Berubah di Abad ke-20
Macaron yang pada awalnya hanya sebuah kue kering kemudian mengalami perubahan pada abad ke-20. Kue Macaron yang pada hari ini Anda lihat adalah bentuk kue Macaron yang sudah dimodifikasi seiring berjalannya waktu. Ide kue Macaron diberikan isi dan dibentuk seperti sebuah sandwich seperti sekarang datang dari Pierre Desfontaines. Ide beliaulah yang merubah bentuk Macaron pada hari ini.
Itulah beberapa fakta mengenai macaron. Semoga bermanfaat!