Kebenaran Tentang Lynx
Dalam banyak artikel yang dapat diandalkan, Anda kadang-kadang dapat melihat plot seperti "lynx menghindari perburuan serigala dengan berpura-pura mati".
Bahkan, menurut penelitian ahli zoologi dari Akademi Ilmu Pengetahuan Belarusia, dalam hubungan antara serigala dan lynx, lynx tidak lemah tetapi sangat kuat.
Lynx Eurasia dan Timberwolves Eropa hidup bersama di hutan Naliboki di Belarus Tengah dan barat. Ahli biologi telah melakukan penelitian ekologi jangka panjang di sini, dan mereka juga mengungkapkan hubungan antara lynx dan Serigala abu-abu.
Di masa lalu, kita umumnya percaya bahwa pada kucing, kecuali singa yang hidup berkelompok, memiliki atribut sosial yang kuat, kucing lain yang hidup sendiri sangat kesepian dan memiliki sosial yang lemah.
Bahkan pasangan betina dan jantan hanya hidup bersama sebentar selama musim kawin. Setelah binatang betina hamil, binatang jantan akan pergi. Namun, dengan penelitian, pemahaman orang tentang kucing menjadi lebih komprehensif, dan mengejutkan untuk menemukan bahwa itu tidak sama. Faktanya, hewan soliter tidak kesepian seperti yang kita pikirkan.
Contoh lynx Eurasia, mereka sangat sosial.
Ahli biologi telah mempelajari video, jejak aktivitas, rambut, dan banyak bahan lainnya dan menemukan bahwa Lynx jantan sering hidup dengan Lynx betina jauh sebelum musim kawin. Kemudian, selama masa pengasuhan, lynx jantan akan sering memberi makan ibu dan anak lynx dan memikul tanggung jawab berat untuk membela mereka.
Misalnya, dari November 2016 hingga April 2017, Orang sering memotret dua Lynx berpasangan yang bergerak bersama, tetapi periode musim kawin lynx biasanya antara Februari dan April. Pada tahun 2021, ahli zoologi menggunakan 60 kamera inframerah untuk menangkap sejumlah besar gambar bergerak selama periode pengasuhan lynx.
Studi ini menemukan bahwa Ibu lynx menghabiskan sebagian besar waktu dengan anaknya, dan hanya 6% dari waktu untuk keluar mencari makan.
Tidak ada jaminan mangsa, tetapi itu bukan masalah, karena lynx jantan berkeliaran di sekitar ibu dan anak mereka dan memberi mereka makan. Pada pertengahan Januari, lynx jantan berulang kali diamati membunuh beberapa hewan dan menempatkan mereka tidak jauh dari sarang lynx betina.
Selama 7-10 hari berikutnya, lynx betina juga diamati datang untuk memberi makan beberapa kali. Lynx jantan bukan hanya" suami yang baik", tetapi juga"ayah yang baik" yang bertanggung jawab.
Ia mengambil tanggung jawab untuk melindungi anaknya dan secara aktif menghilangkan hewan yang mengancam habitatnya, termasuk Serigala abu-abu. Karena perlindungan Ayah lynx, tingkat kelangsungan hidup anak lynx dapat mencapai lebih dari 80%.
Lynx bersembunyi di jalur serigala tunggal yang mencari makan dan kemudian menyergap mereka. Pada April 2017, para peneliti memotret Serigala abu-abu jantan dewasa, yang disergap oleh lynx jantan dewasa.
Kedua belah pihak bertempur, dan Serigala abu-abu meninggal karena luka-lukanya. Meskipun Lynx akan membunuh serigala tunggal, bagi mereka, mereka lebih suka menemukan sarang serigala abu-abu, dan kemudian membunuh serigala betina yang sedang hamil atau anaknya di dalamnya. Karena model pengasuhan Timberwolves Eropa penuh dengan celah, lynx mudah memanfaatkannya.
Sangat tidak bertanggung jawab bagi orang tua serigala untuk pergi mencari makanan dan meninggalkan anak serigala yang tidak dapat melawan sendirian di dalam gua, dan ini secara langsung memungkinkan lynx untuk memulai "momen berburu".
Pada Februari 2021, para peneliti mencatat 6 sarang serigala dengan total 35-40 anak di area seluas lebih dari 1.000 kilometer persegi.
Tetapi pada awal 2022, ditemukan bahwa hanya ada satu anak yang tersisa, dan sebagian besar lainnya dibunuh oleh lynx. Dipengaruhi oleh perburuan lynx, anak anjing serigala memiliki tingkat kematian yang sangat tinggi.
Sejak 1999, ahli biologi telah melakukan pemantauan komprehensif terhadap Serigala abu-abu di hutan Nalipoji dan menemukan bahwa di mana lynx menghantui, tingkat kematian Anak Serigala adalah 40% -60%.
Di daerah yang lebih luas, tingkat kematian anak serigala bahkan setinggi 90%. Persaingan interspesifik adalah fenomena umum di alam. Serigala dan lynx memiliki kebiasaan makanan yang serupa, jadi persaingan secara alami sangat ketat. Tujuan lynx jelas, untuk membunuh musuh potensial di masa depan ini.