Budidaya Bunga Lily
Dengan warna dan bentuknya yang cantik, bunga lily menjadi salah satu bunga yang banyak dibudidayakan di Indonesia.
Budidaya bunga lily tergolong budidaya yang mudah karena tak membutuhkan teknik-teknik yang sulit. Akan tetapi, jika tak merawatnya dengan baik, maka hasil yang didapatkan juga tak maksimal. Oleh karena itulah, dengan mengikuti cara budidaya bunga lily berikut ini, dijamin kamu bisa melakukan budidaya bunga lily dengan baik dan benar, serta tentu saja akan mendapatkan hasil yang maksimal.
Jenis bunga lily yang popular adalah sebagai berikut: madonna lily, tiger lily, asiatic lily, oriental trumpet, rubrum lily, canna lily (tropis), calla lily, daylily dan wild lily. Asiatic lily dan bunga lili oriental lebih sering terjadi dibelahan bumi utara.
Bibit bunga lily dapat diperoleh dari umbi yang sudah tua. Untuk memperoleh bibit berkualitas, anda perlu mengambil umbi tanaman yang telah tua dari indukan berkualitas pula. Setelah bibit umbi didapatkan, sebelum ditanam sebaiknya umbi bunga lily tersebut direndam dalam air selama sekitar 24 jam. Perendaman ini bertujuan agar tunas dalam umbi cepat tumbuh. Agar proses pertumbuhan berjalan baik, sebaiknya umbi disemaikan terlebih dahulu. Setelah bibit keluar tunas dan tumbuh dengan baik barulah dipindah tanamkan ke media tanam seperti polybag ataupun pot.
Tahap pembuatan lubang tanam, Lubang yang dibutuhkan pada tahap penanaman yaitu sekitar 10 – 15 cm dengan memberi jarak tanam sekitar 15 cm agar memudahkan tanaman untuk menangkap sinar matahari. Sebelum meletakkan benih umbi, sebaiknya letakkan terlebih dahulu pupuk kandang pada dasar lubang untuk membantu proses penyuburan. Letakkan benih umbi dan tutup benih tersebut dengan tanah atau kompos. Lakukan penyiraman hingga tanah terlihat lembab. Hal ini sangat membantu proses pertumbuhan.
Agar tanaman bunga lily dapat tumbuh dengan baik maka perlu dilakukan perawatan secara teratur. Bunga lily termasuk tanaman bunga yang bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan baru dan tidak membutuhkan perawatan yang istimewa. Agar tanaman tidak layu, lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari. Penyiraman ini dilakukan secukupnya saja hingga tanah terlihat lembab saja karena jika terlalu banyak air akan menyebabkan umbi tanaman membusuk. Perawatan lain yang perlu dilakukan antara lain, penyiangan pada gulma yang ada disekitar tanaamana bunga lily di pot/polybag. selain itu, lakukan pula pemupukan secara berkala untuk menjaga unsur hara dalam tanah.
Demikianlah penjelasan budidaya bunga lily. Semoga bermanfaat!