Bayangan Di Bunga
Ada banyak jenis kupu-kupu. Menurut dokumen yang relevan, ada lebih dari 14.000 spesies kupu-kupu yang tercatat di dunia.
Menurut struktur morfologi, perkembangan evolusi, dan kekerabatan mereka, ahli entomologi membagi berbagai macam kupu-kupu menjadi enam belas keluarga, dan setiap keluarga dibagi menjadi beberapa genera.
Distribusi kupu-kupu.
Kupu-kupu ditemukan di semua wilayah di dunia, tetapi daerah yang paling beragam adalah Neotropik, India, Australia, dan Afrika tropis.
Di antara mereka, wilayah neotropis terkonsentrasi di Lembah Sungai Amazon di Amerika Selatan. Hutan hujan tropis dan vegetasi yang kaya di wilayah ini adalah rumah bagi sepertiga kupu-kupu dunia.
Banyak kupu-kupu hias yang indah juga produktif di Brasil, Peru, dan negara-negara lain di Amerika Selatan.
Ini diikuti oleh wilayah Toyo dan wilayah Australia, yang merupakan rumah bagi spesies dunia seperti swallowtail paruh emas dan swallowtail bersayap burung, yang dilindungi oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).
Apa empat tahap dalam kehidupan kupu-kupu?
1. Telur yang dibuahi.
Spesies kupu-kupu yang berbeda memiliki ukuran telur yang berbeda dan umumnya bertelur di daun tanaman.
2. Larva.
Setelah menetas, larva perlu makan banyak, biasanya menggerogoti daun tanaman dan melalui beberapa pengelupasan saat mereka tumbuh.
3. Pupa.
Ketika larva dewasa, mereka menggunakan sutra untuk menambatkan diri di tempat untuk menjadi kepompong, biasanya di tempat yang relatif tersembunyi di bagian bawah daun tanaman.
4. Dewasa.
Ketika pupa matang, kupu-kupu muncul dari pupa. Tetapi sayap perlu waktu untuk mengering dan mengeras untuk terbang bebas.
Kebiasaan kupu-kupu.
Karakteristik aktivitas.
Kupu-kupu umumnya aktif di siang hari dan beristirahat di malam hari. Pada malam hari, kupu-kupu biasanya hidup sendiri, tetapi beberapa spesies masih memilih untuk hidup berkelompok, seperti di kulit pohon, di bawah daun, dan di bawah bebatuan.
Karakteristik makan.
Setelah larva kupu-kupu menggigit kulit telur dan menetas, beberapa spesies akan beristirahat sebentar, beberapa spesies akan langsung memakan tanaman inang, dan beberapa spesies akan memakan kulit telur terlebih dahulu dan kemudian tanaman.
Beberapa spesies juga perlu memakan kutikula lama setiap kali mereka berganti kulit.
Karakteristik pemijahan.
Biasanya, kebanyakan kupu-kupu betina bertelur di tanaman inangnya, tetapi spesies yang berbeda memilih untuk bertelur di lokasi yang berbeda. Telur diletakkan di batang tanaman atau lipatan kulit kayu.
Karakteristik perkembangan.
Kupu-kupu adalah serangga yang benar-benar manja. Mereka melewati empat tahap perkembangan sepanjang hidup mereka, yaitu telur, larva, pupa, dan dewasa.
Tiga tahap perkembangan pertama sering disebut sebagai larva, sedangkan telur kupu-kupu berkembang dari meninggalkan ibu hingga kematangan seksual saat dewasa.
Suatu proses dapat disebut siklus hidup atau riwayat hidup.
Apakah Anda belajar lebih banyak tentang kupu-kupu?