Es Krim
Es krim, biasa dikenal sebagai olahan berbahan dasar susu yang dibekukan. Namun, tahukah kamu bahwa bahan dasar es krim bukan hanya susu. Di berbagai daerah, es krim dibuat dari beragam bahan baku dengan ciri khas masing-masing dan nama yang unik.
Ada setidaknya 4 jenis es krim dari berbagai negara, seperti di bawah ini.
• Rolled ice cream
Es krim yang memiliki konsep menarik, yakni digulung. Rolled ice cream adalah jajanan pinggir jalan yang umum dijumpai di Thailand, Malaysia, Kamboja, dan Filipina.
Hal yang lebih menarik lagi dari es krim ini adalah keseluruhan proses pembuatannya.
Adonan cairan es krim dituang, kemudian diaduk seperti gerakan mencincang, dicampur dengan adonan seperti oreo dan stroberi, lalu es krim digulung sempurna berbentuk spiral.
Keseluruhan proses itu hanya dilakukan dalam waktu sekitar dua menit.
• Soft serve
Es krim klasik dari Amerika ini pertama kali dibuat pada 1930-an. Es krim ini memiliki tekstur sangat halus akibat dari udara yang dimasukan ke dalam adonan ketika dibekukan.
Es krim ini tersedia dalam dua rasa, yaitu cokelat dan vanila. Lebih sering disajikan di dalam cone kemudian dicelup ke dalam cokelat atau diberi taburan meses warna-warni.
• Kulfi
Es krim dari India ini lebih mirip seperti custard dibanding es krim lain.
Kulfi memiliki tekstur tebal, padat dan tidak mudah meleleh, maka es krim ini lebih cocok dijadikan es stick.
Es ini memiliki rasa cenderung gurih, dengan pilihan rasa unik seperti saffron, kapulaga, dan mawar.
• Gelato
Gelato merupakan es krim asal Italia punya tekstur lebih padat dibanding es krim pada umumnya. Gelato diolah dengan susu yang lebih banyak daripada krimnya dan tidak menggunakan telur. Es krim gelato termasuk salah satu es yang punya banyak penggemar.
Itulah beberapa jenis es krim yang populer, manakah es krim yang jadi favorit Anda?