Banjir Nigeria
Banjir paling mematikan di Nigeria dalam satu dekade, yang dipicu oleh hujan lebat, telah menewaskan lebih dari 600 orang dan membuat 1,3 juta orang mengungsi sejak Juni, menurut statistik terbaru.
Menurut laporan, banyak bagian negara Afrika telah dilanda banjir setelah musim hujan dimulai. Hal ini menyebabkan kekhawatiran keamanan pangan dan peningkatan inflasi.
Departemen Urusan Kemanusiaan Nigeria tweeted pada tanggal 16: "sayangnya, lebih dari 603 orang kehilangan nyawa mereka."Jumlah korban tewas meningkat 100 dalam seminggu. Banjir juga melukai 2.400 orang.
Laporan tersebut menunjukkan bahwa Departemen Urusan Kemanusiaan negara tersebut menunjukkan bahwa alasan kenaikan tajam jumlah korban tewas adalah karena banyak negara bagian di Nigeria tidak siap menghadapi hujan dalam jumlah besar.
Musim hujan umumnya dimulai pada bulan Juni tetapi banjir menjadi mematikan pada bulan Agustus.
Hujan lebat juga diperkirakan terjadi di Nigeria dalam beberapa minggu mendatang, meningkatkan kekhawatiran akan lebih banyak kerusakan. Departemen Urusan Kemanusiaan negara itu menyerukan evakuasi orang-orang yang tinggal di sepanjang Sungai.