Youtube membatalkan video 4K
Untuk sekelompok kecil Orang, Google dilaporkan secara singkat menguji perubahan ke YouTube Premium yang akan membuat video 4K tidak tersedia untuk pengguna gratis.
YouTube telah mendukung video 4K sejak 2010, bertahun-tahun sebelum format resolusi menjadi biasa, memungkinkan layanan menjadi lebih tahan di masa depan. Dalam 12 tahun sejak itu, video 4K dan bahkan resolusi yang lebih tinggi seperti video 8K yang diperkenalkan ke platform pada tahun 2015, telah tersedia secara gratis untuk ditonton semua penggemar YouTube.
YouTube telah menguji untuk mengubahnya, menurut beberapa laporan selama sebulan terakhir. Bagi mereka yang berada di grup eksperimen Google, anggota yang tidak berlangganan akan melihat kata "Premium" di sebelah opsi 4k/2160p saat memilih resolusi tertentu untuk video.
Sederhananya, percobaan menambahkan batasan baru untuk pelanggan Gratis Youtube dan "manfaat" baru untuk YouTube Premium. Seperti sekarang, langganan YouTube Premium menghapus iklan dari platform, memungkinkan pengguna memutar video di latar belakang di Android, dan bahkan dapat mengunduh video untuk dilihat secara offline. Paket ini juga dibundel dengan YouTube Music, layanan streaming musik Google.
Menandai pertama kalinya YouTube mengunci kualitas video yang lebih tinggi seperti 4K di langganan premiumnya. Dalam beberapa hal, ini sebenarnya mengingatkan pada langganan Stadia Pro (yang akan segera ditutup), yang memungkinkan gamer untuk mencoba game Stadia dengan warna HDR hingga suara surround 4K dan 5.1.
Menurut beberapa tweet dari akun YouTube tim resmi di Twitter, Google dan YouTube kini telah berhenti bereksperimen dengan memberikan pelanggan premium akses eksklusif ke video 4K. Perusahaan tidak memberikan alasan untuk perubahan tersebut, tetapi tidak ada keraguan bahwa sejumlah besar umpan balik negatif online berperan dalam keputusan tersebut.
Khususnya, dalam tweet, tim YouTube memberi penggemar tautan ke instruksi tentang cara memberikan umpan balik langsung tentang perubahan resolusi Premium dan YouTube 4K yang diusulkan. Meskipun percobaan itu sekarang telah dibatalkan.