Minyak Zaitun Yang Sehat
Zaitun, pohon kecil atau semak dari keluarga Oleaceae, secara tradisional ditemukan di Cekungan Mediterania. Spesies ini dibudidayakan di semua negara Mediterania serta di Australia, Selandia Baru, Amerika Utara dan Selatan, serta Afrika Selatan.
Buah zaitun, juga disebut" zaitun", memiliki nilai pertanian penting di wilayah Mediterania dan merupakan sumber minyak zaitun; itu adalah salah satu bahan inti masakan Mediterania. Pohon dan buahnya dinamai menurut keluarga tumbuhan, yang juga termasuk spesies seperti cengkeh, Melati, dan forsythia
Ada ratusan varietas pohon zaitun yang dikenal. Varietas zaitun digunakan untuk minyak, edibles, atau keduanya. Zaitun yang ditanam untuk dikonsumsi sering disebut sebagai " zaitun meja" Sekitar 90% buah zaitun yang dipanen diubah menjadi minyak, sementara sekitar 10% digunakan sebagai zaitun meja.
Minyak zaitun kaya akan nilai gizi, tetapi tidak begitu mudah untuk menggunakannya dengan baik.
1. Goreng dalam minyak zaitun
Minyak zaitun tetap stabil secara kimiawi pada suhu tinggi karena sifat antioksidannya dan kandungan asam lemak tak jenuh yang tinggi. Minyak zaitun dapat digunakan berulang kali tanpa kerusakan, dan merupakan minyak yang paling cocok untuk menggoreng.
2. Panggang dengan minyak zaitun
Minyak zaitun juga cocok untuk dipanggang, digoreng, dan direbus. Saat dimasak dengan minyak zaitun, makanan memiliki aroma memikat yang menggugah selera.
3. Gunakan minyak zaitun untuk saus dan bumbu
Tujuan menggunakan saus adalah untuk mengeluarkan rasa makanan, bukan untuk menutupinya. Minyak zaitun adalah bahan lemak terbaik untuk saus dingin dan panas, mempertahankan warna saus segar.
4. Rendam dengan minyak zaitun
makanan yang direndam dalam minyak zaitun sebelum dimasak, yang dapat meningkatkan kelezatan makanan, dan juga dapat memicu bumbu lain untuk memperkaya rasanya.
5. Gunakan minyak zaitun secara langsung
Ketika minyak zaitun extra virgin digunakan secara langsung. Anda juga dapat menambahkan minyak zaitun extra virgin ke hidangan apa pun untuk menyeimbangkan makanan dengan keasaman yang lebih tinggi, seperti jus lemon, tomat, dan banyak lagi. Itu juga membuat berbagai bumbu dalam rasa makanan lebih harmonis.
Minyak zaitun sering digunakan, dihormati oleh semua lapisan masyarakat, dan nilai kesehatan dari minyak zaitun extra virgin bahkan lebih baik.
1. Kaya lemak tak Jenuh Tunggal
Komponen utama minyak zaitun adalah asam oleat, yang merupakan asam lemak tak Jenuh Tunggal, terhitung 73%. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam oleat dapat mengurangi peradangan dan memiliki efek positif pada pencegahan kanker.
2. Mengandung banyak antioksidan
Selain kaya akan banyak asam lemak sehat, minyak zaitun juga banyak mengandung vitamin E dan vitamin K, serta antioksidan seperti karotenoid dan senyawa fenolik.
3. Sifat anti-inflamasi yang kuat
Minyak zaitun memiliki efek antioksidan yang kuat karena kaya akan antioksidan. Selain itu, para ahli juga menunjukkan bahwa minyak zaitun kaya akan asam oleat, yang dapat mengurangi indikator peradangan utama.