Jus Wheatgrass
Anda mungkin pernah mendengar tentang wheatgrass atau melihatnya di smoothie atau jus toko lokal Anda. Wheatgrass biasanya ditemukan dalam jus atau minuman kesehatan.
Wheatgrass adalah daun muda baru Triticum aestivum, kaya akan vitamin, mineral, enzim, asam amino, bioflavonoid, polisakarida, dan sejumlah besar klorofil (70%).
Literatur menunjukkan bahwa wheatgrass memiliki anti-tumor, anti-apoptosis, anti-proliferasi, antioksidan, dan efek lainnya. Mungkin memiliki efek positif pada berbagai penyakit degeneratif termasuk kanker, rheumatoid arthritis, bisul, dan thalassemia.
1. Wheatgrass Dapat Mengurangi Respons Inflamasi
Wheatgrass Dapat Mengurangi Respon Inflamasi. Peradangan adalah respons alami tubuh untuk mencegah cedera. Suatu studi menunjukkan bahwa wheatgrass dapat mengontrol aktivitas protein yang menyebabkan respons inflamasi.
2. Wheatgrass Dapat Mengurangi Kolesterol
Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa orang yang mengonsumsi jus wheatgrass memiliki kadar kolesterol LDL "jahat" yang lebih rendah secara keseluruhan. Studi hewan selama 10 minggu lainnya menunjukkan optimalisasi kadar kolesterol HDL "baik". Hasil ini memimpin para ilmuwan ke arah yang benar, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan di bidang ini sebelum kesimpulan definitif dapat ditarik.
3. Wheatgrass Dapat Mengoptimalkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda
Sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk menjaga kesehatan yang baik. Kita perlu fokus pada kesehatan sistem kekebalan tubuh tidak hanya selama musim dingin dan flu tetapi setiap hari sepanjang tahun. Karena wheatgrass tinggi antioksidan, mungkin memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.
4. Wheatgrass kaya akan klorofil
Anda mungkin ingat istilah klorofil dari kelas sains. Ini memberi tanaman warna hijau dan membantu menyerap energi dari matahari. Semakin hijau tanaman, semakin banyak klorofil yang dimilikinya.
Klorofil tidak hanya memberi warna indah pada tanaman, tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti sifat antioksidan, meningkatkan kesehatan kulit, dan mungkin membantu penyembuhan luka.
5 Wheatgrass dan kesehatan pencernaan
Serat adalah nutrisi penting yang membantu menjaga usus Anda tetap sehat. Satu sendok makan wheatgrass menyediakan 4 gram serat, sama dengan 14% dari kebutuhan serat harian Anda.
Jika membeli wheatgrass, pastikan untuk membelinya dari pemasok tepercaya. Karena tumbuh di tanah atau air dan dimakan mentah, risiko kontaminasi bisa tinggi. Wheatgrass berpotensi rusak oleh jamur dan bakteri berbahaya.
Jika Anda menanam rumput gandum di rumah, periksa jamur atau sesuatu yang tidak biasa sebelum memakannya. Siapapun dengan alergi wheatgrass juga harus menghindari wheatgrass dalam bentuk apapun.
Biji gandum direndam selama sehari dan ditanam langsung di pot bunga. Mereka tumbuh sangat kuat dan tumbuh lebih dari sepuluh sentimeter!
Dua ratus mililiter air, 10 gram bibit gandum, kemudian blender atau food processor, dan peras jusnya. Rasanya memiliki rasa maltosa alami yang sedikit manis, menyegarkan dan lezat!
Jika Anda ingin menambahkan wheatgrass ke dalam diet harian Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter Anda.