Kepulauan Indonesia
Dengan lebih dari 18.000 pulau, 300 kelompok etnis, dan sekitar 750 bahasa dan varian, Indonesia adalah tujuan yang benar-benar menarik, terutama bagi wisatawan yang ingin tetap sibuk.
Ketika datang ke Indonesia, Hal pertama yang banyak orang pikirkan adalah Bali. Tidak mengherankan, banyak wisatawan ingin keluar dari perangkap turis untuk mendapatkan hasil maksimal dari Indonesia.
Di bawah ini adalah daftar 4 pulau terbaik di Indonesia selain Bali, jangan sampai ketinggalan.
1. Karimun Jawa
Kepulauan Krivenjeva, yang terletak di Utara Semarang, Ibu Kota Jawa Tengah, penuh dengan keanekaragaman hayati, hutan hujan, dan terumbu karang. Ditetapkan sebagai Taman Nasional Laut, Kepulauan indah dari 27 pulau yang tersebar di Laut Jawa yang tenang ini sangat cocok untuk foto.
Hamparan pasir putih dan laut pirus yang panjang menjadi latar belakang Instagram yang populer. Flora dan fauna bawah laut Karimunjawa luar biasa.
Yang paling penting dari ini adalah 444 spesies ikan, 11 spesies lamun, dan 9 spesies rumput laut. Tempat snorkeling yang paling populer adalah Pulau Gosong, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Tengah, dan Pulau Tanjung Gelam.
Hanya 5 dari 27 pulau yang dihuni dan mereka adalah rumah bagi berbagai budaya dan Kebanyakan Jawa, tetapi juga beberapa Burkinis dan Madura.
2. Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo terletak di Kepulauan Sunda Kecil dan terdiri dari banyak pulau, tetapi terutama Komodo, Rinca, dan Padar. Lebih dari 2.500 Komodo-spesies kadal terbesar di dunia dikatakan hidup di pulau-pulau, bersama dengan kuda, rusa, babi hutan, ular, dan kerbau liar.
Pantai merah muda yang terkenal adalah salah satu dari hanya tujuh pantai di dunia dengan rona khusus ini, yang sangat menarik. Meskipun meningkatnya jumlah wisatawan telah berdampak buruk pada tujuan, pantai sering dikotori dengan sampah yang terdampar di darat.
Namun, perairan di sekitar pulau terus menarik penyelam, dengan kawanan ikan berwarna-warni, invertebrata laut, dan karang bercahaya yang tersembunyi di bawah ombak.
3. Flores
Flores adalah salah satu kepulauan Sunda Kecil Di Indonesia dan sering dilihat sebagai batu loncatan ke Pulau Komodo. Nama Flores berasal dari kata Portugis untuk "bunga" dan itu adalah tanah air orang Indonesia Portugis.
Keajaiban alam yang paling menakjubkan di sini adalah danau kawah Gunung Kelimutu. Tiga danau di atas gunung berapi berubah warna setiap hari, dari biru, hijau, dan merah menjadi coklat tua.
Perubahan warna yang dramatis diduga disebabkan oleh interaksi gas vulkanik dengan mineral di dalam air. Selain itu, ada tempat menyelam yang bagus di dalam dan sekitar Flores.
4. Lombok
Pada tahun 1859, ilmuwan Inggris Alfred Russel Wallace menyadari bahwa dia berada di ambang sesuatu yang unik setelah melakukan perjalanan berbahaya dari Bali ke Lombok.
Meskipun jarak antara Bali dan Lombok hanya 35 kilometer (22 mil), flora dan fauna antara kedua pulau sangat berbeda.
Hal ini mendorong Wallace untuk menggambar apa yang disebut Garis Wallace, batas yang memisahkan ekoregion transisi.
Saat ini, Lombok dianggap sebagai pilihan yang lebih tenang daripada tujuan wisata Bali. Pantai Mawi di pantai selatan sangat bagus untuk berselancar, sedangkan Gunung Rinjani yang megah di utara menawarkan peluang hiking multi-hari yang sangat baik.
Meskipun dilanda gempa bumi dahsyat pada tahun 2018, wisatawan internasional terus berduyun-duyun ke pulau itu untuk menghargai keindahannya dan membantu pemulihan ekonomi pulau itu.