Menyapa Orang
Dalam hidup, saya sering menghadapi situasi yang memalukan ini. Ada seseorang yang berjalan menyeberang, tetapi saya tidak berani melihatnya,dan bahkan ingin berpura-pura tidak melihatnya dan berjalan cepat.
Situasi ini sebagian besar adalah alasan psikologis berikut:
Harga diri rendah: jadi seseorang selalu ingin melayani orang lain, dan menghentikan semua masalah pada dirinya sendiri; untuk memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang, Anda harus tetap berada di setiap pertemuan: Anda mungkin menjadi "musuh" jika Anda tidak melakukannya dengan benar;
membuat semua orang menyukai Anda: persyaratan untuk hubungan interpersonal Anda sangat keras;
Bersalah, pemalu, dan berani tidak menyapa pihak lain.
Tetapi menjaga hubungan baik antara orang-orang sangat bermanfaat bagi hidup Anda, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk kelompok Anda. Jika sebagian besar orang dalam kelompok ingin mengejar keunggulan, mereka akan mempraktikkannya.
Ini menghasilkan kinerja kerja yang lebih baik dan hubungan interpersonal yang lebih baik. Hubungan antara orang-orang harus asli dan alami, tidak disengaja, dan budaya kelompok juga dapat berdampak besar pada bagaimana orang memandang hubungan dan bagaimana mereka memperlakukan satu sama lain.
Untuk menjaga hubungan yang baik, pertama-tama, penting untuk mengenali kenyataan, dengan jelas mengenali status setiap orang di hati Anda, dan juga mengkonfirmasi status Anda sendiri di hati orang lain.
Ini sangat penting. Karena hanya ketika Anda berdua secara pribadi memiliki sedikit perbedaan dalam bobot hati satu sama lain, hubungan interpersonal semacam ini dapat mencapai titik keseimbangan.
Anda harus memiliki jaringan interpersonal yang jelas, membedakan prioritas dan sekunder, dan tidak menyakiti orang-orang yang mencintai Anda karena orang-orang yang tidak penting.
Selama anda melakukan ini, orang yang mencintai Anda akan selalu mencintai Anda. Hubungan semacam ini diendapkan melalui waktu. Anda tidak perlu membayar apa pun dengan sengaja.
Anda hanya perlu menjadi diri sendiri. Mereka mencintaimu. mereka akan mentolerir segala sesuatu tentang Anda. Tentu saja, ini tidak berarti bahwa Anda dapat menndapatkan cinta mereka sembarangan. Cinta semacam ini juga saling menguntungkan. Semua orang dalam hidup yang benar-benar mencintaimu harus dihargai.
Dan yang paling penting, untuk orang-orang yang lebih penting dalam jaringan interpersonal Anda, Anda harus belajar mendengarkan, belajar merefleksikan diri, dan belajar berpikir dalam empati.
Cinta itu saling menguntungkan, teman bisa memberi Anda, Anda juga perlu memberi mereka umpan balik, jangan membabi buta fokus pada diri sendiri. Semua orang di dunia ini setara, dan tidak ada yang berutang apa pun kepada anda, jadi ketika Anda bergaul dengan teman, Anda juga harus memperhatikan kata-kata dan perbuatan Anda, memperhatikan empati, dan tidak menggunakan kekerasan verbal.