Cara Berlatih Skateboard
Skateboard menjadi olahraga favorit berbagai kalangan. Skateboard terdiri dari empat bagian.
Setiap bagian dibuat dari bahan yang berbeda.
1. Permukaan papan: Permukaan papan skateboard umumnya terbuat dari papan maple lima lapis, tujuh lapis, dan sembilan lapis dengan pengepresan dingin microwave, dan ada juga papan yang terbuat dari paduan aluminium, serat karbon, dan bahan lainnya .
Semua dibuat dari bahan terbaik, tapi yang terbaik dari semua itu adalah maple Kanada 7 lapis ditambah serat karbon, yang dapat meningkatkan ketangguhan dan ketahanan aus papan.
2. Braket: Terbuat dari paduan aluminium dan baja berkekuatan tinggi. Bahan yang baik tergantung pada ketangguhan dan ketahanan aus dari paduan aluminium dan batang baja di kedua ujungnya.
Jarak jembatan skateboard berbeda beda, yang membuat skateboard lebih fleksibel dan lebih mudah dikendalikan.
Ketinggian jembatan juga berbeda. Jembatan yang lebih tinggi cocok untuk roda yang lebih besar, dan jembatan yang lebih rendah cocok untuk roda yang lebih kecil. Ini akan lebih nyaman, dan tidak mudah menyebabkan stud jembatan utama patah ketika roda membentur permukaan papan atau membengkok secara berlebihan.
3. Bantalan: bahan terbaik untuk bantalan pada skateboard adalah menggunakan keramik sebagai bahan.
4. Roda: Roda skateboard biasanya terbuat dari bahan poliuretan, dengan proporsi yang berbeda dan kekerasan roda yang berbeda. Biasanya kekerasan roda yang berbeda perlu dipilih sesuai dengan lingkungan atau dengan kata lain pemilihan beradaptasi dengan lingkungan tempat kita bermain.
Pemula harus memperhatikan poin-poin berikut sebelum belajar skateboard:
1. Bersiaplah.
Skateboarding harus terlebih dahulu mempelajari beberapa persiapan, dan keterampilan dasar. Mempelajari teknik dasar dari bermain skateboard adalah hal yang tidak bisa diabaikan.Jangan memikirkannya dalam semalam. Untuk mempersiapkannya, berdirilah dengan kedua kaki dan letakkan skateboard rata di permukaan datar di depan kaki Anda.
2. Melatih gerakan dasar di skateboard.
Mulailah dengan menempatkan satu kaki di atas skateboard dan kaki lainnya di tanah.
3. Jaga keseimbangan tubuh Anda.
Meskipun kita masih meletakkan satu kaki di tanah, bagaimanapun, kaki lainnya sudah berada di atas skateboard dan telah meluncur ke depan, jadi kita perlu menjaga keseimbangan dengan baik, latihlah keseimbangan tubuh Anda, dan berusaha untuk tidak jatuh dari papan.
4. Kedua kaki berada di papan pada saat yang bersamaan.
Saat satu kaki stabil berada di tanah , dan letakkan kaki lainnya di atas skateboard, condongkan tubuh sedikit ke depan, lengan lurus, dan lutut ditekuk.
5. Mengayuh ke depan dengan gaya pedal.
Setelah melatih keseimbangan di skateboard dengan kedua kaki, kita bisa mencoba membuat skateboard bergerak dengan cara mengayuh , kaki yang berada di tanah akan mengayuh untuk menggerakkan papan skateboard.
Skateboarding tidak hanya latihan fisik tetapi ada manfaat lain,yaitu :
1. Melatih keseimbangan dan kemampuan koordinasi anak-anak
Seorang anak berusia satu setengah tahun juga bisa bermain skateboard. Meskipun ia tersandung ketika bermain, ia perlu didukung oleh orang tuanya dari waktu ke waktu. Ini dapat melatih kemampuan keseimbangan dan mental anak-anak.
2. Latihan kekuatan kaki
Skateboard terutama mengandalkan satu kaki untuk mendorong dan meluncur ke depan. Latihan ini bisa menjadi latihan yang baik untuk kekuatan kaki. Berfungsi bagus dalam olahraga lain untuk pemula untuk mengembangkan keseimbangan dan koordinasi tubuh.
3. Membantu perkembangan otak anak
Selama naik skuter, anak-anak mulai menguasai proses skating sendiri. Mereka perlu secara mandiri menyesuaikan arah atau kecepatan gesekan tergantung pada situasinya. Proses ini merangsang perkembangan sistem saraf dan perkembangan otak anak.