Gua Es Biru Di Islandia
Islandia telah menciptakan banyak tempat yang tidak seperti bumi karena lingkungan geografisnya yang unik, dan gua es biru adalah salah satunya. Gua es biru adalah gua es alami yang terbentuk di bawah lingkungan gletser Vatna. Karena pergerakan gletser, lokasinya berubah setiap tahun, sehingga bentuknya juga berubah secara halus. Selain itu, dengan waktu yang berbeda hari dan cahaya yang berbeda, gua es biru akan terlihat berbeda.
Gua es biru Alami Adalah Harta Nasional Islandia, yang lebih langka daripada aurora. Gua es sebenarnya adalah air beku, tetapi ketika dibekukan, air masih mempertahankan bentuk yang mengalir, sehingga es yang Anda lihat di gua es biru berkilau dan sangat cair.
Gletser adalah " pemain besar " dalam membuat gua es, dan gletser Vatnajokull di Islandia alami dan tegas. Gua es terbentuk karena sebagian es di gletser lebih tipis. Terutama di tempat-tempat di mana panas terkonsentrasi, tempat panas bumiyaitu vulkanik akan melelehkan lubang dari dalam. Atau di tempat dengan sinar matahari langsung, skylight akan dibuka ketika es di atas mencair. Gua es terlihat sangat berbeda dalam cuaca yang berbeda, bahkan pada waktu yang berbeda dalam cuaca yang sama.
Berdiri di gua es seperti mengemudi di bawah laut. Menatap matahari melalui air, mata penuh kabur tapi sangat biru. Lapisan es membeku seketika seperti gelombang laut besar. Beberapa lapisan es yang bebas dari kotoran tampak jernih dan tembus cahaya, dan lapisan es yang lebih tebal tampak biru kehijauan; beberapa tertutup abu vulkanik dan tampak hitam cerah. Jika Anda berdiri di pintu masuk gua, perubahan cahaya eksternal membuat warna gua es terlihat beragam, seluruh dunia akan tersulut oleh matahari, dan akan ada ilusi kehangatan.
Tetapi karena gravitasi dan pergerakan gletser, lapisan es perlahan-lahan akan bergerak ke bawah, sekitar beberapa sentimeter per hari, jadi hanya dalam beberapa minggu, gua es akan dipenuhi dengan es, dan secara alami akan menutup dan menghilang selamanya. Kemudian akan ada gua es baru di tempat-tempat baru di mana panas berkumpul, dan Anda tidak dapat menginjak sungai yang sama, dan Anda tidak dapat melihat gua es yang sama.
Di gletser Vatnajokull Islandia, pengunjung hanya diperbolehkan masuk dari November hingga Maret tahun berikutnya, dan maksimum 200 wisatawan diterima selama periode ini.
Ketika datang ke waktu pembukaan, kita harus menyebutkan alasan pembentukan gua es biru - gua es biru sebenarnya dibentuk oleh air gletser yang mencair di musim panas. Aliran air terus menerus memotong bagian bawah gletser, membentuk lorong bawah tanah satu per satu.
Di musim dingin, suhu turun dan air lelehan membeku, membentuk gua es besar dan kecil ini. Oleh karena itu, hanya di musim dingin, struktur gua es cukup stabil untuk memastikan bahwa setiap orang dapat memasuki tur dengan aman.
Karena pemanasan global, Ukuran gletser juga menyusut dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, dalam beberapa tahun, jika suhunya tidak cukup rendah, mungkin tidak mungkin untuk memasuki gua es biru dengan aman karena akumulasi air di dalam gua atau ketidakstabilan lapisan es pada waktu yang relatif kritis seperti awal November atau akhir Maret.
Meskipun ada banyak masalah pada saat-saat kritis ini, itu tidak berarti bahwa gua es dapat dimasuki di waktu lain. Jika cuaca buruk dan gua es biru tidak stabil, itu juga tidak dapat diakses. Oleh karena itu, kita dapat mengunjungi gua es biru hanya dengan alasan bahwa gua es biru stabil dan aman.
Sampai batas tertentu, gua es biru seperti aurora, yang dapat dipenuhi tetapi tidak dicari. Meskipun akan terbentuk di musim dingin, itu mungkin tidak memenuhi harapan psikologis kita karena berbagai alasan. Tidak ada cara untuk benar-benar yakin Kapan waktu terbaik untuk berkunjung, dan menjelajahi gua es biru memang membutuhkan sedikit keberuntungan. Justru karena inilah gua es biru sangat menawan.