Frankfurt Book Fair
Pameran Buku Frankfurt ke-74 dimulai di Pusat Pameran Frankfurt di Jerman.
Frankfurt Book Fair adalah pameran terbesar di dunia untuk industri penerbitan. Pameran Buku Tahun ini menarik lebih dari 4.000 peserta pameran dari 95 negara dan wilayah dengan buku-buku terbaru mereka, yang akan berlangsung hingga tanggal 23.
Pameran Buku Tahun ini diselenggarakan oleh Spanyol. Menurut penyelenggara, pameran buku tahun ini akan memberikan perhatian khusus pada topik-topik seperti buku anak-anak, perubahan iklim, dan pengembangan industri Afrika, dan akan mengadakan seminar yang relevan untuk menampilkan tren perkembangan media seperti podcast dan buku audio.
Pameran Buku Frankfurt tahun ini berfokus pada tema "terjemahan", menekankan peran penting Terjemahan dalam mempromosikan saling pengertian lintas batas. Karin Schmidt-Friedrichs, Presiden Asosiasi Penerbit dan penjual buku Jerman, mengatakan: "Pameran Buku Frankfurt adalah pameran buku dan cerita terbesar di dunia dan acara penting."
Status khusus untuk Pameran Buku Frankfurt dapat ditelusuri kembali ke tempat khusus kota di industri penerbitan selama 600 tahun. Pada pertengahan abad ke-15, Johannes Gutenberg, penduduk asli Mainz dekat Frankfurt, meningkatkan pencetakan buku tradisional dan menerbitkan edisi pertama Alkitab di sini.
Printer Johannes Fust dan Konrad Henckels memanfaatkan revolusi teknologi pencetakan di Jerman secara bertahap mengubah Frankfurt menjadi pusat perdagangan buku Eropa.
Anehnya, meskipun prediksi "industri penerbitan sedang sekarat" telah populer selama bertahun-tahun, pada tahun 2015, ketika ekonomi global turun dan situasi politik kacau, Pameran Buku Frankfurt adalah pameran terbesar dalam sejarah dan banyak negara-negara yang berpartisipasi.
Di antara lebih dari 7.200 peserta pameran dari 104 negara di seluruh dunia, penerbit dari negara-negara berkembang seperti Suriah, Bolivia, dan Kuba. Selain itu, negara-negara seperti Yunani, Turki, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam juga memiliki partisipasi terbesar dalam beberapa tahun terakhir. Pameran Buku lima hari ini menarik sekitar 300.000 pengunjung.