Manggis
Buah manggis adalah buah tropis dari Asia dan umum ditemukan di India, Malaysia, dan Indonesia. Jenis buah dengan nama latin Garcinia mangostana ini memiliki rasa manis dan asam yang khas, sehingga disukai dan cukup populer di kalangan masyarakat.
Beragam kandungan gizi buah ini dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi serta meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Yuk, ketahui lebih lanjut kandungan gizi dan manfaat buah manggis!
Apa manfaat dari buah manggis?
Berdasarkan kandungan-kandungan gizi di atas, beberapa manfaat yang tersimpan di dalam buah manggis adalah:
• Membantu menurunkan berat badan
Manfaat yang paling terkenal dari buah manggis adalah membantu menurunkan berat badan. Studi yang dipublikasikan di Journal of medicinal food pada 2016 menemukan bahwa, tikus yang mengonsumsi ekstrak manggis mengalami penurunan berat badan secara signifikan dibandingkan yang tidak mengonsumsinya.
Namun, penelitian sebelumnya pada manusia juga menyebutkan, orang yang mengonsumsi 90-270 ml jus manggis dua kali sehari cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah. Para peneliti meyakini efek antiinflamasi dari senyawa xanthone mampu mengurangi peradangan pada individu yang mengalami kelebihan berat badan, sehingga manfaat ini bisa muncul.
• Mencegah penyakit kanker
Selain khasiat-khasiat di atas, manfaat buah manggis lainnya yang terkenal adalah untuk mencegah penyakit kanker. Pasalnya, senyawa xanthones dalam buah manggis diyakini memiliki sifat antikanker, antioksidan, dan antiinflamasi yang dapat membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker.
Meski telah dilakukan sejumlah penelitian mengenai khasiat buah manggis ini, tetapi hasilnya pada manusia masih sangat terbatas. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efek buah manggis sebagai pencegah kanker pada manusia.
• Meredakan radang sendi
Dilansir dari Mayo Clinic, sejumlah penelitian di laboratorium dan pada hewan menunjukkan bahwa manggis memiliki efek antiinflamasi yang kuat. Oleh karena itu, buah ini sering disebut dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri pada penderita arthritis (radang sendi).
Hal ini memang belum sepenuhnya terbukti pada manusia. Namun, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal PeerJ pada 2019, senyawa bioaktif xanthones pada buah manggis dapat melawan peradangan serta melindungi berbagai organ tubuh, termasuk sendi.
• Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Buah manggis memiliki serat dan vitamin C, kedua kandungan inilah yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, Toppers.
Selain itu, ada pula studi dari Acta Cirúrgica Brasileira yang menunjukkan bahwa berbagai zat dalam buah manggis mampu menangkal berbagai bakteri yang dapat mengancam kekebalan tubuh.