Persik
Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah persik. Selain rasanya yang unik dan menyegarkan, buah persik ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan, mulai dari menjaga daya tahan tubuh hingga mencegah penuaan dini.
Buah persik (peach) atau yang dikenal dengan nama latin Prunus persica. diperkirakan berasal dari negara Tiongkok lebih dari 8000 tahun silam. Buah berbiji ini memiliki kulit yang tipis dan berbulu halus, serta daging buahnya berwarna jingga kekuningan. Selain dikonsumsi secara langsung, buah persik juga dapat diolah menjadi jus, selai, kue, dan berbagai jenis santapan menarik lainnya.
Berbagai Manfaat Buah Persik bagi Kesehatan
Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah persik bagi kesehatan tubuh:
• Mengatasi dan mencegah berbagai penyakit kronis
Kandungan antioksidan di dalam buah persik berfungsi untuk menangkal paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti hipertensi dan penyakit jantung. Selain itu, kandungan kalium dan serat dalam buah persik juga berperan menurunkan risiko terjadinya obesitas dan diabetes.
• Menjaga kesehatan mata
Kandungan beta karoten, alfa karoten, dan beta crytoxanthin yang terkandung dalam buah persik berperan dalam pembentukan vitamin A. Oleh sebab itu, buah ini baik untuk menjaga kesehatan mata.
• Menjaga kesehatan kulit
Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi seperti buah persik.
Hal ini karena buah persik mengandung vitamin C sehingga mempunyai manfaat untuk memperbaiki tekstur, menambah elastisitas, mencerahkan, hingga mempertahankan kelembapan kulit.
Sementara kandungan lainnya seperti vitamin A dan E pada buah persik juga mempunyai manfaat serta khasiat untuk kulit. Keduanya mampu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV serta mencegah penuaan dini.
• Membantu mencegah pertumbuhan kanker
Hampir sama seperti buah lainnya, manfaat persik yang selanjutnya adalah membantu melindungi tubuh dari kemungkinan pertumbuhan jenis kanker tertentu.
Pada kulit buah persik terdapat kandungan karotenoid serta asam caffeic yang merupakan antioksidan dan memiliki sifat antikanker.
Lalu, ada pula kandungan lainnya seperti polifenol yang bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan dan membatasi penyebaran sel kanker.
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutritional Biochemistry, pada hewan, polifenol tergolong efektif dalam mencegah penyebaran kanker payudara.
Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai khasiat buah untuk mencegah pertumbuhan kanker pada manusia.
• Mengurangi gejala alergi
Buah persik juga mempunyai manfaat atau khasiat untuk mengurangi peradangan serta gejala alergi dengan mencegah pelepasan histamin dalam darah.
Histamin merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh yang memicu batuk, bersin, dan juga gatal.
Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.