Teh Lemon
Ikuti resep di bawah ini untuk menghasilkan segelas teh lemon berempah nan lezat yang bisa disajikan dalam keadaan panas atau dingin. Selain dapat memperkaya cita rasanya, menambahkan perasan lemon juga dapat meningkatkan manfaat kesehatan yang terkandung dalam teh buatan Anda, lho!
Membuat Teh Hitam dengan Lemon:
- Siapkan teko berukuran besar. Jika ingin, Anda juga bisa menggunakan tea plunger, tetapi pastikan ukurannya cukup besar untuk menampung sekitar enam gelas teh.
- Masukkan daun teh atau kantong teh ke dalam teko. Aduk sebentar, lalu tambahkan irisan lemon dan gula. Sesuaikan porsi gula dengan selera Anda, ya!
Jika ingin, Anda juga bisa menambahkan satu sampai dua batang kayu manis pada tahap ini. Meski opsional, metode ini layak dicoba untuk membuat cita rasa teh sedikit lebih pedas dan berempah.
- Tuangkan air ke dalam teko. Tuangkan air secara langsung ke permukaan seluruh bahan yang sudah Anda masukkan ke dalam teko.
- Seduh teh selama lima menit.
- Tuangkan teh ke dalam gelas atau cangkir melalui saringan berlubang kecil. Seharusnya, resep ini akan menghasilkan lima sampai enam gelas teh.
- Hias permukaan teh dengan irisan lemon. Meski opsional, langkah ini layak diterapkan untuk mempercantik tampilan teh.
- Sajikan segera dalam keadaan panas. Jika akan disajikan dingin, diamkan teh terlebih dahulu sampai uap panasnya hilang, lalu masukkan ke dalam kulkas untuk mendinginkannya.
Membuat Es Teh Lemon:
- Didihkan air.
- Masukkan daun teh ke dalam tea ball atau saringan khusus agar ampasnya lebih mudah dikeluarkan seusai teh diseduh. Kemudian, masukkan saringan berisi daun teh ke dalam air mendidih. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, atau sampai cita rasa dan aroma teh sudah benar-benar keluar.
- Tambahkan perasan lemon segar.
- Aduk rata. Kemudian, keluarkan saringan berisi daun teh dari dalam air.
- Tambahkan 225 gram gula. Ingat, kadar gula bisa disesuaikan dengan selera dan jumlah air yang Anda gunakan.
- Aduk rata, dan diamkan teh hingga suhunya benar-benar dingin.
- Tuangkan es teh lemon ke dalam gelas, lalu tambahkan es batu sesuai selera ke dalamnya.
Resep minuman sehat ini bisa menjadi sajian minuman untuk menambah kesegaran bagi Anda dan keluarga. Tentunya Anda sudah banyak melihat minuman lemon tea dalam kemasan. Namun, akan menjadi lebih spesial jika Anda membuatnya sendiri dari bahan-bahan segar dan alami.
Selamat mencoba!