Pasien Parkinson
Kebanyakan orang dengan penyakit Parkinson memiliki gangguan gaya berjalan, yang dalam kasus ringan dengan menyeret, berjalan tanpa mengangkat kaki, sedangkan tungkai atas tidak mengayunkan lengan dan tidak ada gerakan sinergis. Dalam kasus yang parah, ini dilakukan oleh langkah maju kecil, kesulitan memutar dan melintasi pintu.
Pasien mungkin merasa terbantu untuk menjaga keseimbangan dan meningkatkan kemampuan berjalan mereka dengan memperhatikan hal-hal berikut saat berjalan.
Anggota keluarga dan pengasuh juga dapat segera memperbaiki postur tubuh pasien yang salah dengan mengikuti saran ini.
1. Ingatlah untuk menjaga setidaknya satu tangan bebas setiap saat. Anda dapat menggunakan ransel atau fanny pack untuk membawa barang-barang Anda, bukan tangan Anda. Jangan pernah memegang sesuatu di kedua tangan saat berjalan, karena ini pasti akan memengaruhi keseimbangan Anda.
2, mata lurus ke depan, tubuh tegak, melangkah lambat, kaki pertama dilangkahkan ke tanah
3. saat berjalan, angkat kaki secara sadar, seret ke tanah untuk berjalan lebih mudah.
4. Cobalah untuk mengayunkan kedua lengan ke depan dan ke belakang saat berjalan. Jika penyakit Parkinson telah mengurangi kemampuan motorik anda, maka Anda harus secara sadar melakukan tindakan mengayunkan anggota tubuh bagian atas ke depan dan ke belakang saat berjalan, yang dapat membantu Anda menjaga keseimbangan, menjaga postur tubuh yang baik dan mengurangi kelelahan.
5. ketika Anda perlu berbalik dan berjalan kembali, disarankan untuk berjalan di sepanjang bentuk "U" terbalik, putar kurva besar, dan tidak tiba-tiba mengubah arah berjalan.
6, jaga agar kaki Anda terpisah dengan lebar yang sama dengan bahu Anda, berjalan dengan kedua kaki Anda bersama-sama akan meningkatkan risiko kehilangan keseimbangan dan jatuh.
7. Jangan pernah menggunakan dua pikiran pada saat yang sama! Jangan berjalan sambil melakukan hal-hal lain, seperti membaca buku atau melihat-lihat. Semakin fokus energi anda, semakin baik Anda berjalan.
8. sepatu dengan Sol karet atau karet memiliki gesekan tinggi dan mudah tersandung, jadi cobalah untuk tidak memakainya.