Bunga Lili
Tahukah Parents ada lebih dari ratusan jenis bunga Lili yang ada di seluruh dunia? Masing-masing jenis bunga Lili memiliki warna, corak, hingga bentuk yang berbeda-beda.
Bunga ini paling banyak terdapat di kawasan Asia, tepatnya Jepang, dan Eropa. Bunga Lili dapat tumbuh subur di tanah dengan kadar asam yang seimbang dan memiliki aroma yang harum sehingga banyak orang yang menyukai bunga ini.
Apa saja jenis bunga lili yang dapat mempercantik kebun Parents? Simak ulasannya berikut ini.
• Tiger Lily
Bunga Lilium lancifolium atau Tiger Lily adalah jenis bunga Lili yang banyak ditemukan di China, Jepang, Korea, dan Rusia Timur. Bunga ini memiliki warna oranye cerah dan corak yang berupa bintik-bintik hitam. Aromanya sendiri khas yaitu wangi manis yang segar.
• Easter Lily
Easter Lily seringkali disebut juga dengan nama White American Lily. Bunga ini memiliki warna putih dan kuning pada tengah nya yang cantik. Namun perlu diperhatikan bahwa bunga ini mengandung racun yang berbahaya jika tertelan oleh hewan peliharaan.
• Lili Jepang
Bunga Lili Jepang atau Lilium speciosum adalah favorit banyak orang. Berwarna merah tua cerah dengan bintik-bintik berwarna rasberi dalam kelopaknya, Lili Jepang akan mekar sempurna pada bulan Agustus hingga September.
• Tiny Bee Lily
Bunga berwarna kuning ini bernama Tiny Bee Lily. Ukurannya cenderung mungil dengan daun berwarna hijau tua. Pada bagian dasar kuncup bunga dekat batangnya terdapat bintik-bintik hitam kecil. Tiny Bee Lily cenderung tumbuh lebih cepat dibandingkan yang lainnya.
• Jenis Bunga Lili, Turk’s Cap Lily
Jenis bunga bakung lainnya yang cocok untuk mempercantik pekarangan adalah Turk’s Cap Lily atau Lilium Superbum. Bunga ini memiliki kelopak yang berukuran kecil dan melengkung ke belakang. Warnanya pink dengan corak titik berwarna merah tua. Turk’s Cap Lily termasuk bunga yang bisa dimakan.
• Jenis Bunga Lili Casablanca
Lili Casablanca adalah bunga lili dengan kelopak besar berwarna putih bersih yang melengkung. Kepala benang sarinya berwarna gelap yaitu merah keunguan. Bunga ini seringkali dipakai untuk dekorasi acara-acara penting seperti pernikahan.
• Lili Auratum
Bunga yang berasal dari negeri Sakura, Jepang, ini memiliki warna putih pada dasarnya dan corak berupa titik-titik berwarna merah. Lalu di masing-masing kelopaknya terdapat garis berwarna kuning cerah. Bentuk kelopaknya seperti mangkuk dan wanginya campuran antara pedas dan manis.
Bunga lili bisa ditanam langsung di tanah ataupun menggunakan pot/polybag. Untuk media tanamnya siapkan campuran tanah, pupuk kandang/kompos, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Tanaman ini termasuk tanaman yang kuat dan cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru.
Siramlah bunga lili secara rutin pada pagi dan sore hari secukupnya hingga tanah lembap. Jangan lupa disiangi dan dipupuk secara berkala untuk merawatnya.
Itulah beberapa jenis bunga lili yang bisa Parents pilih untuk mempercantik halaman. Nah, Parents sudah punya yang mana saja?