Bunga Gerbera
Garbera atau gerbera merupakan jenis bunga yang digunakan untuk bahan buket karena keindahan serta wanginya yang khas.Tumbuhan semak berbunga yang memiliki lebih dari 2.000 kultivar ini mempunyai warna dan ukuran yang beragam.
Selain sebagai bunga potong, gerbera adalah salah satu jenis bunga favorit sebagai tanaman hias di taman maupun pot.Gerbera diambil dari nama Traugott Gerber seorang dokter Jerman yang merupakan teman Carolus Linnaeus. Nama spesies Gerbera jamesonii (Barberton daisy) diambil dari nama kolektor tanaman bernama Robert Jameson yang menemukan tanaman ini di provinsi Transvaal, Afrika Selatan.
Herbras terdiri dari sekitar 2.000 kultivar dengan bunga yang mempunyai bentuk beraneka ragam dan ukuran diameter antara 5–12 cm. Bunga Herbras memiliki bongkol (capitulum) besar yang merupakan pokok dari 2 lapis rangkaian daun mahkota (disebut ray floret) berbentuk panjang yang berwarna-warni menarik: oranye, kuning, merah jambu, merah, putih, pink salmon, dan ungu. Bagian bongkol juga terdiri dari susunan ratusan bunga kecil-kecil (trans floret dan disc floret) sehingga terlihat menyerupai satu bunga yang utuh. Pada bagian tengah bongkol kadang-kadang berwarna gelap. Pada bunga yang sama juga sering dijumpai perbedaan warna pada daun mahkota.
Filosofi Bunga Gerbera
Bunga gerbera mempunyai filosofi yang cukup beragam jika dipandang dari segi kesehatan maupun keindahan bunganya, seperti:
Rasa Nyaman
Untuk bunga gerbera ini dikenal sebagai sebuah bunga yang bisa mengurangi berbagai zat kimia yang berbahaya yang ada di udara sekitar bunga ini ditanam.
Selain itu, untuk bunga ini juga bisa membuat tidur Anda lebih nyaman sebab untuk bunga gerbera bisa memproduksi banyak oksigen di malam hari. Oleh karena
Bunga gerbera ini sangat cocok untuk bisa dijadikan tanaman hias yang ada di rumah Anda.
Cinta Sejati
Bunga gerbera ini diketahui melambangkan perasaan cinta yang lama terikat. Anda dapat memberikan bunga in pada pasangan untuk bisa mengikat hubungan cinta sejati.
Arti dan Makna dari Setiap Warna Bunga Gerbera
Berikut ini berbagai arti dan makna dari setiap bunga gerbera yang perlu diketahui.
1. Merah
Bunga gerbera yang berwarna merah itu melambangkan tidak sadar dalam sebuah cinta ataupun sepenuhnya akan tenggelam dalam perasaan cinta.
2. Oranye
Bunga gerbera yang berwarna oranye itu melambangkan sebuah kehidupan yang sangat ceria.
3. Kuning
Untuk bunga gerbera yang berwarna kuning menggambarkan sebuah keceriaan.
4. Merah Jambu atau Merah Muda
Untuk bunga gerbera yang berwarna merah jambu atau warna merah muda dapat diartikan sebagai sebuah kekaguman, pemujaan ataupun juga penghargaan tinggi.
5. Putih
Untuk bunga gerbera yang berwarna putih itu itu dimaknai dengan simbol kemurnian ataupun kepolosan.
Jika Anda menyukai artikel ini, silakan teruskan ke teman Anda!