Fakta Unik Mute Swan
Angsa adalah hewan yang berasal dari family Anatidae yang memiliki anggota terbanyak.
Mute swan merupakan salah satu dari enam spesies angsa yang ada di dunia. Walaupun namanya mute yang berarti ‘bisu’ dalam bahasa Indonesia, angsa ini tidak benar-benar bisu. Hanya saja, kalau dibandingkan dengan jenis angsa yang lain, mute swan memang terbilang tidak banyak bersuara. Inilah yang membedakan mereka dari yang lain. Biarpun terlihat anggun, mute swan ternyata agresif. Mereka tidak segan-segan menyerang manusia yang terlalu dekat dengan sarangnya.
Fakta mute swan yang wajib kamu tahu berikut ini!
• Salah satu burung terbang terberat
Burung bernama ilmiah Cygnus olor ini ternyata merupakan salah satu burung terbang terberat di dunia. Mengutip laman Animalia, kisaran bobot mereka sekitar 6,5 kilogram dan bisa tumbuh hingga 13 kilogram! Ukuran rentang sayap mereka juga termasuk yang terlebar, yakni 2,5 meter.
• Gak bermigrasi
Saat musim dingin, mute swan gak melakukan migrasi besar-besaran. Namun, biasanya mereka suka berkumpul di perairan air asin. Kalau sudah berkumpul saat musim dingin begini, jumlahnya bisa sampai lebih dari seratus ekor.
Menurut Animal Diversity, mute swan yang tinggal di daerah aslinya di Eropa dan Asia biasanya akan terbang sampai ke Afrika Utara, Near East atau Timur Dekat (Asia Barat, Turki, Mesir), barat laut India, dan Korea saat musim dingin tiba. Kecepatan maksimal terbang mereka bisa mencapai 55 mph atau 88,5 kilometer per jam!
• Burung elegan yang superagresif
Mute swan memang terlihat anggun nan elegan, tapi mereka bisa jadi sangat agresif dan teritorial, terutama saat musim kawin tiba. Mereka gak segan-segan akan menyerang kalau kamu terlalu dekat dengan sarang atau anak-anaknya. Bahkan, angsa yang semijinak sekalipun akan menyerang dan mampu menyebabkan luka fatal pada manusia. Kalau mereka sudah mendesis, lebih baik kabur jauh-jauh deh.
• Mute swan membentuk ikatan pasangan yang tahan lama.
Reputasi mereka untuk monogami bersama dengan bulu putihnya yang elegan telah membantu menjadikan mereka sebagai simbol cinta di banyak budaya.
• Mute swan memiliki selera makan yang luar biasa.
Sebuah penelitian di Maryland menemukan bahwa mereka makan hingga 8 pon sehari dari vegetasi air yang terendam, menghilangkan makanan dan habitat spesies lain lebih cepat daripada yang bisa dipulihkan oleh rumput. Beri banyak ruang untuk bersarang. Mereka bisa menjadi sangat agresif dan sering menyerang kano, kayak, dan pejalan kaki yang berjalan terlalu dekat dengan sarang atau anak mereka.
Nah, setelah tahu faktanya, bagaimana pendapatmu tentang angsa yang anggun ini? Semoga informasi ini bermanfaat!