Pangkalan Satelit
Pangkalan kedirgantaraan melakukan serangkaian tugas penting seperti meluncurkan satelit, pesawat ruang angkasa berawak, dan pesawat ruang angkasa. Di seluruh dunia kedirgantaraan, banyak negara telah membangun basis kedirgantaraan mereka sendiri. Mari kita lihat beberapa pangkalan luar angkasa terkenal di dunia
1. Kennedy Space Base: terletak di pantai timur Florida, Amerika Serikat Bagian Timur. Ini adalah tempat yang paling penting untuk menguji, mempersiapkan dan melaksanakan peluncuran.
Kennedy Aerospace Base memiliki panjang 56 kilometer dan lebar 20 kilometer. Pusat ini mencakup dua bagian utama: posisi teknis dan posisi peluncuran. Ada roket dan satelit di posisi teknis, dan Pabrik perakitan pesawat ruang angkasa. Ini terutama terlihat untuk gedung perakitan, dengan volume 3,6 juta meter kubik dan ketinggian 160 meter. Ada berbagai instrumen tes canggih di dalam gedung.
Posisi peluncuran dibangun 5 kilometer jauhnya, dengan pusat kendali peluncuran dan tabel peluncuran. Ada 23 posisi peluncuran di seluruh pusat ruang angkasa. Di antara mereka, 39 posisi peluncuran yang terkenal termasuk bantalan peluncuran A dan B. Banyak aerospaces besar terbang keluar dari bumi dari sini.
2. Kuru Aerospace Launch Base: terletak di Amerika Selatan bagian utara. Saat ini satu-satunya tempat uji ruang angkasa di Prancis dan tempat utama bagi Biro udara Eropa untuk melakukan kegiatan kedirgantaraan.
Menara layanan memiliki tinggi 45 meter, panjang 15,2 meter, dan lebar 12,2 meter. Hal ini dapat bergerak bolak-balik pada saat peluncuran. Saat bekerja, roket pembawa ada di menara layanan.
Ruang peluncuran berjarak sekitar 300 meter dari Menara layanan, yang merupakan bangunan bergaya Kastil yang kokoh. Tugasnya adalah menyelesaikan persiapan sebelum peluncuran dan melindungi keselamatan staf selama operasi peluncuran roket. Ruang kontrol dilengkapi dengan peralatan untuk memantau operasi roket.
3. Pusat Peluncuran Satelit Seed Island: pangkalan ini terletak di pulau seed paling selatan di Jepang, digunakan untuk meluncurkan satelit di uji coba dan satelit aplikasi.
Seed Island Aerospace Center berafiliasi dengan perusahaan pengembangan alam semesta Jepang dan merupakan Pusat Peluncuran Satelit Aplikasi Jepang. Terletak di ujung tenggara pulau seed, dan total luas pangkalan luar angkasa sekitar 8,65 kilometer persegi.
4. Pusat peluncuran satelit Jiuquan: terletak di bagian utara Provinsi Gansu, Cina, ini adalah basis utama berbagai satelit uji dan satelit aplikasi.
Pusat peluncuran satelit Jiuquan meliputi area seluas sekitar 2800 kilometer persegi, lebar 50 kilometer, dan panjang 300 kilometer. Medan di sini datar, kering dan hujan, dan memiliki satelit yang baik untuk meluncurkan kondisi lingkungan alam. Ada lebih dari 320 hari untuk memenuhi kondisi peluncuran sepanjang tahun.