Putih Susu Murni
warnanya yang putih bagaikan sutra, dengan rasa yang lezat dan gizi yang tinggi, ya! itu adalah susu, merupakan minuman bergizi yang di gemari oleh berbagai kalangan.
Nutrisi dalam susu.
1. Protein.
Kandungan protein susu adalah 2,8% hingga 3,3%, terutama terdiri dari 79,6% kasein, 11,5% protein whey (putih), dan 3,3% laktoglobulin, dengan sejumlah kecil protein lainnya seperti imunoglobulin dan enzim.
2. Lemak.
Lemak susu sekitar 2,8% ~ 4,0%, tersebar dalam emulsi berbentuk butiran lemak. Dalam keadaan emulsi yang baik, akan memudahkan untuk dicerna dan diserap, dan tingkat penyerapannya setinggi 97%.
3. Karbohidrat.
Karbohidrat susu yang terutama ialah laktosa, dan kandungan laktosa susu sekitar 3,4% hingga 5,4%.
Laktosa dapat meningkatkan penyerapan kalsium, zat besi, seng, dan mineral lainnya di usus yang dapat meningkatkan bioavailabilitasnya. Mempromosikan reproduksi bakteri asam laktat usus, terutama bifidobacteria, meningkatkan keseimbangan mikroekologi tubuh manusia, dan mempromosikan sintesis vitamin B oleh bakteri usus.
4. Mineral.
Kandungan mineral dalam susu adalah sekitar 0,7% hingga 0,75%, dan kaya akan elemen makro seperti kalsium, fosfor, kalium, belerang, dan magnesium, serta elemen seperti tembaga, seng, dan mangan.
Manfaat minum susu sebagai berikut.
1. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
Karena susu kaya akan protein, susu dapat menyediakan bahan baku untuk banyak zat kekebalan termasuk imunoglobulin, sehingga meningkatkan kemampuan untuk melawan risiko penyakit menular tertentu.
2. Mencegah osteoporosis dan membuat tulang kita lebih kuat.
Karena susu juga kaya akan kalsium, rasio kalsium dan fosfor yang sesuai akan relatif tinggi. Minum susu dengan benar dapat mencegah osteoporosis, sakit pinggang, kaki, lutut, dan lain sebagainya.
3. Dapat menenangkan emosi dan membuat kita merasa lebih bahagia.
Karena asam amino yang terkandung dalam susu dapat mengatur metabolisme otak sehingga mood kita lebih bahagia dan akan menjadi lebih baik, yang kondusif untuk mengatur emosi.
Kapan waktu terbaik untuk minum susu?
Secara umum, minum susu pada pagi hari lebih bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk anak kecil, karena dapat memberikan kalsium yang kaya dan elemen lainnya untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan.
Jika Anda sedang bekerja, minumlah segelas susu pada sore hari untuk mengisi kembali energi Anda dan untuk mengurangi rasa lapar.
Jika Anda lemah setelah trauma besar atau operasi, Anda dapat minum lebih banyak susu setiap hari untuk membantu tubuh Anda cepat pulih.
Jika kualitas tidur buruk, Anda bisa minum segelas susu hangat sekitar setengah jam sebelum tidur malam untuk membantu tidur.
Semoga aritkel ini dapat membantu Anda memahami berbagai manfaat dari minum susu. Minumlah susu secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.