Oasis Skyscraper di Singapura
Baru-baru ini, proyek pencakar langit "ramah alam" di Singapura telah selesai, setelah melalui tahap pembangunan selama beberapa tahun.
Gedung ini mencapai ketinggian 280 meter dan dipenuhi dengan vegetasi, menciptakan suasana seperti oasis.
Fasad menara menampilkan garis vertikal dinamis, dengan garis "robek" yang terlihat di berbagai lantai, memberikan pandangan langsung ke dalam "oasis" di dalam gedung. Bangunan ini menggabungkan dengan cerdas bentuk vertikal dan garis organik, menciptakan kesan kekakuan dan kelembutan secara bersamaan.
Lantai bawah bangunan berfungsi sebagai apartemen dengan fasilitas yang lengkap, termasuk kolam renang, jacuzzi, jalur jogging, gym, dapur umum, lounge penghuni, dan area BBQ. Di lantai atas, terdapat area perkantoran yang menawarkan pemandangan spektakuler sungai Singapura dan Marina Bay.
Gedung pencakar langit "Oasis" seolah menjadi hutan gantung dengan lebih dari 80.000 tanaman ditanam, mencapai rasio area hijau lebih dari 1:1,4. Luas lanskap hijau mencapai lebih dari 8.300 meter persegi, melebihi 140% dari luas total bangunan, menciptakan lingkungan alam yang menenangkan bagi karyawan dan penduduk.
Gedung ini juga memberikan keteduhan dengan menggunakan vegetasi untuk melindungi dari sinar matahari dan hujan, dengan sebagian besar tanaman lokal yang menyukai naungan, telah disesuaikan dengan kondisi perkotaan yang padat. Konsep "Oasis" dirancang untuk merangsang kreativitas dan efisiensi kerja di tempat kerja, menciptakan lingkungan yang mendukung ide-ide baru dan kreasi.
Tiga pencakar langit teratas di dunia menjadi pembangkit tenaga listrik manufaktur:
1. Cina (3187 pencakar langit)
Cina menonjol sebagai pemimpin dalam jumlah gedung pencakar langit, mencapai "era keemasan gedung pencakar langit." Pada tahun 2016, Cina berhasil menyelesaikan pembangunan 223 gedung bertingkat tinggi. Penting dicatat bahwa pada awal tahun 2018, Cina berhasil melampaui Amerika Serikat sebagai negara dengan jumlah gedung pencakar langit terbanyak di dunia.
2. Amerika Serikat (2907 pencakar langit)
Amerika Serikat diakui sebagai tempat lahirnya gedung pencakar langit, yang dimulai dengan gedung Asuransi Rumah pada tahun 1885 di Chicago, Illinois. Gedung tersebut memiliki tinggi 10 lantai dan ketinggian 42 meter, diakui sebagai gedung pencakar langit pertama di dunia yang dirancang oleh arsitek Amerika, William Janney.
3. Kanada (624 pencakar langit)
Kanada menonjol dengan menara televisi nasional yang menjadi terkenal di seluruh dunia, memiliki tinggi 553,33 meter dan bentuk yang sangat estetis. Sebagai struktur tertinggi di dunia, Menara CN di Toronto, Ontario, menjadi ikon kota dan menerima kunjungan lebih dari 2 juta orang setiap tahun. Dibangun pada tahun 1976 oleh Perusahaan Kereta Api Nasional Kanada, awalnya dirancang sebagai antena untuk mentransmisikan sinyal radio dan televisi, dengan penerima gelombang mikro yang berfungsi pada ketinggian 305 meter.