Panda Raksasa Yang Menarik
Satu-satunya hewan yang dapat memikat semua manusia adalah panda raksasa.
Panda raksasa berwarna hitam dan putih, merupakan mamalia besar yang ganas. Tubuh bulat yang lembut selalu membuat orang tidak menyadari tentang hal bahwa ia dapat dengan mudah membunuh manusia.
Panda raksasa telah hidup di bumi selama lebih dari 8 juta tahun dan merupakan salah satu makhluk tertua di bumi, dan dikenal sebagai fosil hidup. Mereka gemuk, dengan kepala bulat dan ekor pendek. Panda raksasa umumnya dapat tumbuh setinggi 1,2 hingga 1,8 meter dan berat 80 hingga 120 kilogram.
Warna bulu hitam dan putih dan lingkaran hitam adalah karakteristik penampilan mereka yang paling khas.
Meskipun panda raksasa sangat besar, mereka sangat sensitif. Panda raksasa bisa memanjat pohon hingga ketinggian 20 meter, umumnya mereka memanjat pohon untuk bermain, mengintai lingkungan mereka, tidur siang atau menghindari bahaya. Kadang-kadang, selama pertarungan antara dua panda, yang lebih lemah akan memanjat pohon untuk menghindari "intimidasi" dari panda lainnya.
Dalam keadaan normal, panda raksasa memiliki kepribadian yang jinak. Saat bertemu orang untuk pertama kalinya, panda raksasa akan menutupi wajah bulat mereka dengan dua cakar depan yang gemuk, atau mengubur kepala mereka jauh di dalam perut mereka, seolah malu dan enggan bertemu orang.
Untuk melindungi panda raksasa, China telah mendirikan beberapa stasiun konservasi panda raksasa dan cagar alam. Pada 1 Oktober 2021, ada 673 panda raksasa di penangkaran dan 1.864 panda raksasa liar di seluruh dunia. Panda raksasa liar hidup di pegunungan dan hutan pada ketinggian 2.000 hingga 3.500 meter di tepi timur Dataran Tinggi Qinghai-Tibet. Panda raksasa penangkaran, hidup di basis pembiakan Panda Raksasa yang berada di Sichuan, Shaanxi, serta Kebun binatang besar di dalam dan luar negeri.
Panda raksasa menghabiskan sebagian besar waktu untuk tidur, makan, dan mengumpulkan bambu. Karena saluran ususnya yang pendek, pencernaan bambu sangat rendah. Selain itu, bambu memiliki sedikit nutrisi, sehingga perlu makan puluhan batang bambu setiap harinya. Panda raksasa tidur setiap dua kali makan.
Mereka duduk dan berbaring sebagian besar waktu, dan mereka jarang berjalan. Karena hanya dengan mengurangi konsumsi energi, kekurangan nutrisi jangka panjang yang disebabkan oleh makan bambu dapat diatasi.
Meskipun panda raksasa memiliki temperamen yang jinak, macan tutul dan serigala di sekitar mereka tidak pernah berani menggertak mereka. Karena di mata binatang buas ini, panda raksasa dewasa adalah beruang besar, dan mereka dapat merobek bambu keras dengan mudah. Menurut penelitian, nenek moyang panda raksasa makan daging dan dipaksa makan bambu untuk bertahan hidup selama Zaman Es Kuarter. Sejauh ini, sistem pencernaan tidak banyak berubah, dan juga mereka dapat memakan daging (seperti tikus bambu), sehingga masih diklasifikasikan sebagai Carnivora.
Panda raksasa sangat cerdas, panda dapat memilih bambu "lengjianzhu" segar dan bambu dengan tunas pendek, serta varietas berkualitas tinggi lainnya untuk makan. Panda akan memakan rebung di musim semi dan musim panas, daun bambu di musim gugur, dan batang bambu di musim dingin untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi dan kelembaban. Rambut panda raksasa tebal dan keras, panjangnya sekitar 10 sentimeter, kulitnya tebal dan elastis. Ini mungkin alasan mendasar mengapa panda raksasa dapat memanjat pohon-pohon kecil yang jelas tidak cocok dengan perawakannya dan tidak takut jatuh.
Umur panda raksasa liar adalah 18 hingga 20 tahun, sementara panda raksasa penangkaran yang hidup di bawah perawatan manusia yang cermat dapat hidup lebih lama. Misalnya," Xin Xing " yang berada di kebun binatang, dapat hidup selama 38 tahun dan 4 bulan, yang juga merupakan umur terpanjang dari panda raksasa penangkaran. Di beberapa cagar alam, peternak mengenakan " setelan panda " saat memeriksa panda raksasa. Dikatakan untuk membuatnya merasa bahwa itu bukan manusia, tetapi panda raksasa yang memberi mereka pemeriksaan tubuh, untuk mengurangi ketergantungan pada peternak dan dapat kembali ke alam liar dengan baik.