6 Aneka Jus Sehat
Jus sering dianggap sebagai minuman yang menyehatkan, terutama bila Anda membuatnya sendiri tanpa diberi pemanis tambahan. Kabarnya, konsumsi jus juga baik untuk pasien kanker karena kandungan dalam aneka jus dipercaya dapat membantu membunuh sel kanker.
Ada dua manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dengan rutin minum jus buah dan sayur, seperti:
Detoksifikasi. Beberapa orang percaya minum jus buah dan sayur selama waktu tertentu dapat membersihkan racun. Akan tetapi, perlu penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.
Melengkapi nutrisi harian. Jika Anda sulit untuk mengonsumsi buah atau sayuran utuh, minum jus bisa membantu melengkapi nutrisi harian.
Minum jus terutama jus detox dipercaya dapat menutrisi tubuh secara maksimal dan juga membuang racun serta limbah. Buah dan sayuran untuk jus detox mengandung vitamin dan mineral. Jus detox mampu mengekstrak nutrisi tersebut untuk membuatnya lebih mudah dicerna.
Aneka jus sehat buah dan sayur serta manfaatnya
Berikut ini adalah beberapa jenis jus sehat dari buah dan sayur yang dapat Anda konsumsi sehari-hari, beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
1. Jus tomat
Jus buah tomat diklaim mempunyai kandungan tinggi vitamin C serta antioksidan. Antioksidan dalam jus tomat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mendukung penyerapan zat besi.
Lalu, kandungan vitamin C dalam jus tomat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.
Ada juga kandungan likopen yang memberi warna merah. Dalam sebuah penelitian juga menyebutkan likopen bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung.
Sedangkan kandungan kalium, adalah jenis elektrolit yang dapat membantu menjaga kadar cairan serta keseimbangan tekanan darah.
2. Jus apel
Jus apel merupakan sumber kalium yang baik bagi kesehatan Anda. Kalium berfungsi sebagai elektrolit yang berperan dalam proses pengiriman pesan pada saraf dan menjaga kesehatan jantung.
Di samping itu, jus sehat ini juga kaya akan senyawa antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti flavonoid dan asam klorogenat. Ini dapat membantu tubuh dalam mengatasi kerusakan sel akibat radikal bebas.
3. Jus jeruk
Jus jeruk termasuk jenis jus sehat yang paling umum dikonsumsi. Ini karena jeruk adalah sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit serta mengandung beberapa senyawa antioksidan penting. Sebagai contoh, asam sinamat, asam ferulat, dan asam klorogenat.
Sebuah studi menunjukkan bahwa minum jus jeruk setelah makan makanan tinggi lemak dan karbohidrat dapat mengurangi peradangan pada tubuh.
4. Jus stroberi
Buah dengan warna merah yang menggugah selera ini mempunyai rasa manis dan sedikit asam. Makan buah stroberi segar atau mengolahnya menjadi jus sehat berkaitan dengan penurunan risiko penyakit kronis.
Sebagai contoh, manfaat stroberi pernah diteliti bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kadar gula darah, dan membantu mencegah kanker.
Ini karena ada kandungan vitamin C, mangan, folat, kalium, dan juga senyawa antioksidan.
Salah satu manfaat jus stroberi adalah menjaga keseimbangan kadar gula darah. Caranya adalah dengan memperlambat pencernaan glukosa dan mengurangi lonjakan insulin, setelah makan karbohidrat.
5. Jus wortel
Manfaat wortel berlimpah karena kaya dengan senyawa karotenoid, pigmen yang memiliki efek antioksidan untuk melawan kerusakan sel.
Senyawa karotenoid tersebut termasuk beta-karoten, likopen, alfa-karoten, dan lutein.
Berbagai studi menunjukkan, konsumsi makanan kaya dengan karotenoid seperti jus wortel, membantu menurunkan risiko penyakit mata degeneratif, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.
Selain itu, wortel juga mengandung nutrisi lainnya, seperti vitamin A, biotin, dan kalium.
Agar terasa segar, Anda bisa membuat kombinasi jus sehat dari buah dan sayur, seperti menambahkan jeruk, jahe, atau lemon.
6. Jus bayam
Sayur bayam mempunyai kandungan nutrisi, seperti vitamin A dan C. Konsumsi rutin jus sayur bayam bisa membantu memberikan molekul antioksidan, seperti kuersetin, kaempferol, dan lutein pada tubuh.
Jus sayur bayam ini juga diklaim baik untuk jantung, karena mengandung nitrat. Dalam penelitian, manfaat ini berkaitan dengan faktor risiko penyakit jantung, yaitu penurunan tekanan darah.
Bagi penderita GERD atau penyakit asam lambung, sayur bayam dapat menjadi pilihan karena kandungannya memiliki efek yang mirip dengan obat antasida.
Jika Anda menyukai artikel ini, silakan teruskan ke teman Anda!