Mengenal Ikan Badut
Clownfish juga dikenal sebagai anemonefish, hidup di perairan tropis atau subtropis seperti Pasifik, Laut Merah, Jepang Selatan dan Australia. Dalam beberapa tahun terakhir, ikan badut mulai muncul sebagai ikan hias di rumah-rumah penduduk.
Ikan badut berukuran sangat kecil, dan ukuran terbesar panjangnya hanya sekitar 11cm.
Ketika mereka masih muda, sisiknya hitam dan dihiasi dengan cahaya biru; di masa dewasa, tubuh mereka akan menjadi merah dan di tubuhnya akan memiliki garis-garis hitam dan putih.
Mereka menempati peringkat ke-11 dalam peringkat spesies paling cantik di dunia, yang sepenuhnya diuntungkan dari penampilan mereka yang berwarna cerah. Tetapi penampilan yang cerah akan membawa bahaya bagi mereka dalam beberapa kasus, sehingga lingkungan hidup mereka telah berubah.
Ikan badut hidup di anemon dan mereka adalah hubungan simbiosis dengan anemon, jadi ikan badut juga disebut ikan anemon. Ikan badut menggunakan racun yang dikeluarkan oleh anemon untuk membantu diri mereka sendiri melawan musuh.
Tubuh ikan badut memiliki lendir khusus di permukaannya yang dapat melindunginya dengan aman di anemon. Karena perlindungan anemon, ikan badut dibebaskan dari serangan ikan besar lainnya.
Pada saat yang sama, makanan anemon juga akan dibagikan dengan ikan badut. Ikan badut juga dapat menggunakan tentakel anemon untuk membangun sarang dengan tenang.
Ada banyak jenis ikan badut yang dapat dilihat dari pola mereka yang berbeda. Ikan badut memiliki pola merah dan putih, pola oranye-merah dan putih, serta pola hitam dan putih. Anemon juga memiliki tipe yang berbeda. Ikan badut dengan warna berbeda akan menemukan anemon yang mirip dengan warna mereka sendiri untuk menetap.
Ikan badut memiliki kesadaran teritorial yang kuat. Umumnya, setelah pasangan ikan badut memasuki anemon, ikan badut tidak diizinkan masuk kecuali anemonnya sangat besar.
Biasanya pasangan ikan badut akan menempati anemon dan kemudian menghentikan ikan badut lain untuk masuk. Jika anemon sangat besar, ikan badut akan setuju dengan beberapa ikan yang lebih lemah dari mereka untuk hidup. Ikan badut betina lebih memegang kedaulatan keluarga.
Ikan badut dicintai karena penampilannya yang kecil dan kelucuannya. Banyak orang suka memelihara beberapa ikan badut di dalam tangki untuk menambahkan sedikit warna, tetapi pengembangbiakan ikan badut tidaklah mudah. Kita masih perlu menguasai beberapa tips untuk merawatnya.
Untuk memelihara ikan badut, pertama-tama, Anda perlu menciptakan lingkungan yang nyaman dan hangat untuknya. Anda dapat menemukan beberapa batu untuk membangun sebuah gua kecil dengan penghalang alam untuk itu, sambil mempertahankan sirkulasi air yang tepat di dalam gua.
Karena ikan badut dan anemon hidup berdampingan, Anda sebaiknya menemukan anemon yang relatif besar dan meletakkannya di pintu masuk untuk melindungi ikan badut.
Persyaratan ikan badut untuk makan ialah makan makanan yang tidak keras. Makanan untuk ikan badut relatif sederhana, seperti udang atau pakan omnivora lainnya dapat digunakan sebagai makanannya. Tetapi perlu dicatat bahwa dalam waktu dua bulan sebelum ikan badut lahir, kita perlu menambahkan beberapa astaxanthin alami untuk makanannya.
Anda perlu memastikan cahaya dan air di tangki ikan. Sebelum ikan badut dewasa, caayannya harus cukup. Selama periode ini, ikan badut tumbuh sangat cepat. Jika tidak memiliki cukup cahaya, maka akan mempengaruhi warna dan pertumbuhan ikan badut.
Ikan badut akan meringkuk di tentakel anemon di malam hari, sehingga aliran air di malam hari harus lebih kecil untuk menghindari pengaruh efek pertumbuhan ikan.