Pengetahuan burung
Burung merupakan anggota penting dari alam, memainkan peranan penting dalam menjaga keseimbangan ekologis alam. Mari kita lihat beberapa pengetahuan tentang burung bersama-sama.
Burung perlu makan banyak makanan untuk menjaga suhu tubuh konstan hingga 41 derajat celcius.
Seekor burung stiap hari bisa makan makanan dari sepertiga dari berat badan mereka. Kehilangan energi harian pada burung ukuran besar relatif kecil, sehingga hanya perlu makan makanan yang sama dengan seperlima dari beratnya.
Banyak burung bisa berenang. Dalam kehidupan sehari-hari, sebagian besar burung terbang di ketinggian kurang dari 160 meter, tetapi saat bermigrasi dapat mencapai ketinggian 7.600 meter.
Beberapa burung, seperti angsa, dapat memperoleh daya apung ekstra dengan menyusun penerbangan berbentuk garis yang dapat mengurangi hambatan udara dan menghemat energi.
Burung tidak pernah jatuh dari pohon saat tidur. Ketika burung-burung berhenti di cabang-cabang, jari-jari kaki akan mencengkam cabang-cabang.
Ketika tubuhnya lebih rendah, otot-otot pada kaki akan menyusut ke dalam, dan jari-jari kaki akan secara otomatis menekuk dan mengencangkan ke dalam, sehingga cabang-cabang akan digenggam dengan erat.
Bahkan pada saat seperti ini, jika ada angin kencang bertiup, burung-burung tidak akan jatuh.
Alam telah memberi kita warna yang indah. Dibandingkan dengan manusia, burung memiliki lebih banyak jenis sel kerucut, dan susunan sel-sel ini tersembunyi dalam misteri evolusi.
Sebagian besar visi burung sangat luas. Mata burung tumbuh di kedua sisi kepala. Ketika mereka melihat ke depan, penglihatan kedua mata tumpang tindih dan mensintesis gambar tampilan ganda. Ini memungkinkan mereka untuk melihat objek di belakang, kedua sisi dan di atas kepala.
Tidak seperti mata manusia, mata burung dapat melihat warna keempat. Persepsi mata manusia terhadap warna adalah melalui tiga jenis reseptor warna, yaitu sel kerucut yang disesuaikan dengan tiga warna berbeda: merah, biru, dan hijau.
Burung memiliki reseptor keempat yang dapat mendeteksi frekuensi cahaya yang lebih berbeda, sehingga dapat melihat sinar ultraviolet.
Ada lebih dari 10.000 burung yang dikenal di dunia. Mengapa bulu mereka begitu berwarna? Berapa banyak warna yang dimiliki bulu mereka?
Jika Anda ingin mengetahui mengapa bulu mereka memiliki begitu banyak warna, pertama-tama kita harus memahami prinsip warna bulu. Warna bulu burung ditentukan oleh pigmentasi ditambah hamburan cahaya.
Warna sebagian besar bulu terutama ditentukan oleh melanin, pigmen wortel, dan pigmen porfirin. Warna sejumlah kecil bulu burung juga ditentukan oleh oksida logam. Secara sederhana, burung dengan melanin akan menunjukkan warna Hitam, coklat, abu-abu, dll.; karotenoid akan membuat bulu merah, kuning, oranye, dan ungu; pigmen porfirin akan membuat bulu merah muda, hijau dan warna lainnya.
Alasan mengapa kolibri dapat menunjukkan warna seperti pelangi adalah karena struktur bulu khusus mereka dapat membuat cahaya alami yang menyebar.
Tentu saja, beberapa bulu burung hanya dapat memantulkan cahaya tetap. Misalnya, pada kebanyakan burung biru. Struktur bulu mereka menyerap cahaya lain akan tetapi hanya dapat memantulkan cahaya biru.