Tentang Ubur-Ubur
Ubur-ubur adalah organisme plankton penting di lingkungan perairan.
Ubur-ubur adalah hewan air yang terlihat sangat indah. Tubuhnya berbentuk seperti payung transparan dengan diameter payungnya yang bervariasi, dari ukuran besar ke kecil, dengan payung ubur-ubur besar berukuran mencapai diameter 2 meter.
Tepi payung memiliki beberapa tentakel seperti kumis, beberapa di antaranya dapat mencapai ukuran panjang 20-30 meter.
Mayoritas dari mereka hidup di ladang ubur-ubur. Mereka menyetrum musuh mereka dengan tentakel, dan juga menghasilkan pasta ubur-ubur.
Jadi bagaimana cara ubur-ubur menangkap makanannya?
Ketika ubur-ubur menemukan mangsanya, tentakelnya segera memanjat mangsanya, dan mengeluarkan racun, lalu mangsanya akan lumpuh, dan mati dengan cepat setelah disengat. Tentakel kemudian memegang mangsanya dengan erat, menarik kembali, dan menghisapnya dengan polip di bawah payung.
Setiap polip mampu mensekresi enzim yang dengan cepat memecah protein dalam mangsa.
Apakah ubur-ubur memiliki listrik?
Saraf ubur-ubur ditransmisikan oleh gelombang listrik yang lemah, tetapi tidak ada listrik eksternal.
Ubur-ubur beracun, seperti ubur-ubur kotak, beracun bukan karena listrik, tetapi karena mereka memiliki banyak sengatan beracun di tentakelnya, yang akan meluas ratusan kali ke dalam tubuh manusia ketika mereka bersentuhan dengan benda-benda.
Meski ubur-ubur terlihat indah, dan jinak, tetapi sebenarnya sangat ganas. Di bawah tubuh ubur-ubur yang terlihat seperti payung, bagian tentakel panjang, dan tipis itu adalah organ pencernaannya, dan juga senjatanya.
Jika Anda tersengat, Anda dalam keadaan sangat terancam bahaya, karena Anda akan mengalami gangguan pernapasan dalam beberapa menit, dan dapat mengakibatkan kematian. Itulah sebabnya mereka juga dikenal sebagai ubur-ubur pembunuh. Karena itu, ketika Anda disengat ubur-ubur, dan mengalami kesulitan bernapas, Anda harus segera melakukan pernapasan buatan atau menyuntikkan stimulan jantung.
Apakah ubur-ubur memancarkan cahaya?
Ada ikan, dan serangga yang bersinar, namun cahaya ubur-ubur adalah hal yang cukup aneh, karena ubur-ubur adalah hewan seluler dengan struktur sederhana, tidak ada otot, dan kerangka, 98% tubuhnya adalah air, lalu bagaimana cahayanya keluar?
Mereka berenang di laut, tubuhnya menunjukkan cahaya biru bulat, dan tentakel panjang di belakangnya bersinar dengan pita cahaya yang panjang, dan tipis. Saat ubur-ubur berenang, tubuhnya membungkuk, dan berayun, cahayanya juga akan terpancar sangat indah.
Apakah ubur-ubur memiliki mata?
Ubur-ubur tidak memiliki mata asli, tetapi mereka memiliki organ visual primitif yang disebut mata titik, yang mirip dengan mata majemuk serangga.
Mata ubur-ubur ini tidak memiliki titik fokus untuk pencitraan, tetapi seperti banyak hewan yang lebih rendah, mereka dapat merasakan cahaya, dan bayangan, juga dapat mendeteksi perubahan dalam cahaya lingkungan eksternal.
Setelah membaca artikel diatas, saya yakin Anda memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang ubur-ubur. Faktanya, sebagian besar ubur-ubur yang kita tau terlihat sangat indah, tetapi sangatlah beracun. Jika Anda tidak berhati-hati, Anda dapat menempatkan diri Anda dalam situasi bahaya.
Jadi ketika Anda menemukan ubur-ubur di laut, disarankan untuk menghindarinya!