Tanaman Sukulen
Sukulen merupakan tanaman hias yang cantik, mudah dibudidayakan, dan tidak perlu disiram rutin seperti tanaman hias lainnya.
Karena penampilannya yang indah, dan bervariasi, mereka dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Tanaman ini sering diletakkan diberbagai pot yang cantik, ini menjadikan mereka menjadi ornamen hijau penghias ruangan.
Tanaman sukulen telah menjadi tanaman hias favorit baru banyak orang, Memilih untuk merawatnya, dan membesarkan mereka untuk menghiasi sudat ruangan ialah pilihan yang baik. Jadi bagaimana cara menyimpan tanaman sukulen dengan baik? Berikut adalah beberapa tips perawatan tanaman sukulen untuk Anda.
1. Variasi
Ada banyak jenis tanaman sukulen, beberapa di antaranya sangat kuat dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dengan sangat cepat. Beberapa jenis lebih sulit dipelihara dan tanaman akan mudah layu jika Anda tidak merawatnya dengan baik.
Karena itu, sebagai pemula disarankan lebih baik untuk memilih jenis tanaman sukulen yang lebih mudah dalam perawatannya, Anda dapat mencari informasi, dan mengumpulkan pengalaman dalam memelihara sukulen. Dengan begitu, membantu Anda melatih merawat tanaman, sehingga kedepannya dapat merawat lebih banyak jenis tanaman. Tanaman sukulen terlihat indah seperti Hazel Moon, Rainbow Jade, dan Chihuahua. Saat menanam sukulen, yang terbaik bagi pemula adalah memilih merawatnya saat musim semi dan musim gugur.
2. Tanah
Tanaman sukulen suka tumbuh di lingkungan tanah yang lebih kering dengan karakter tanah yang berpasir gembur, karena memiliki drainase, dan kondisi tanah yang relatif lebih baik, lebih cocok untuk pertumbuhan tanaman sukulen.
Apabila Anda baru membeli tanaman sukulen dari pasar bunga, maka waktu yang terbaik untuk memindahkan tanaman ke dalam pot baru ialah saat kondisi cuaca cukup hangat. Jika tidak, memindahkan tanaman ke dalam lingkungan baru akan mempengaruhi pertumbuhan pada tanaman menjadi kurang baik.
3. Temperatur
Sangat penting untuk mempertahankan tanaman sukulen pada suhu yang sesuai, umumnya suhu diantara 15 dan 25 derajat untuk pertumbuhan yang baik. Selama suhu sekitarnya tidak lebih tinggi dari 35 derajat, dan tidak lebih rendah dari 5 derajat, sebagian besar tanaman sukulen tidak akan memasuki dormansi, dan dapat tumbuh secara normal.
Jika salju turun di musim dingin, jangan bawa tanaman sukulen Anda ke luar ruangan, sebaliknya Anda bisa membawanya ke bawah sinar matahari saat cuaca sedang cerah.
4. Kelembaban
Banyak pecinta bunga memiliki kesalahpahaman bahwa kelembaban tanaman berasal dari skala penyiraman, tetapi pada kenyataannya tidak. Kelembaban memiliki dua pengertian, yakni yang pertama adalah kelembaban udara, dan yang lainnya adalah kelembaban tanah.
Banyak orang-orang memiliki pengalaman yang salah, dan berpikir bahwa menjaga kelembaban berarti dengan menyiramnya.
Faktanya, penyiraman hanya dapat menjaga kelembaban pada tanah, tetapi ketika udara terlalu kering, kita harus melembabkan tanaman sukulen dengan menyemprotkan. Ketika kelembaban udara sedang tinggi, maka kita harus meletakkan sukulen di tempat yang kering, untuk menghindari jamur, busuk hitam, dan akar busuk.
5. Ventilasi
Di musim semi, musim panas, dan musim dingin, jika Anda meletakkan tanaman didalam rumah, maka yang terbaik adalah menjaga sukulen Anda di tempat yang lebih terbuka, pemeliharaan dalam ruangan harus memperhatikan ventilasi, dan rajin membuka jendela, terlebih di saat musim panas dan musim hujan. Anda dapat menggunakan kipas kecil untuk memberikan sukulen udara, ini dapat membantu meningkatkan aliran udara pada tanaman.
Meskipun sukulen mudah tumbuh, namun mereka sering menghadapi banyak masalah dalam pemeliharaan: pertumbuhan lambat, pertumbuhan tidak ada warna, akar membusuk, dll. Jika mereka tidak tumbuh untuk waktu yang lama, maka ini saatnya Anda harus mengganti pot, dan tanah dengan tepat waktu. Membersihkan beberapa akar yang membusuk, dan biasanya lebih memperhatikan peningkatan cahaya, ini dapat membantu pertumbuhan tanaman sukulen dengan lebih baik.