Fakta Unik Kelinci
Kelinci dikenal sebagai hewan aktif nan lucu yang menghiasi kenangan di masa kecil.
Kelinci liar akan hidup berkelompok dan membuat sarang di padang rumput, hutan, dan semak-semak di seluruh wilayah Bumi. Untuk sekarang, kelinci banyak yang dijadikan hewan peliharaan karena tampilannya yang menggemaskan. Ciri fisik kelinci sendiri bisa mempunyai warna rambut yang bermacam-macam sesuai dengan rasnya.
Kelinci ini memiliki sifat yang ramah dan mudah dirawat, mereka pun mudah makan lahap hanya dengan sayur-sayuran seperti wortel. Buat kamu yang suka banget kelinci sudah tahu belum fakta tentang kelinci di bawah ini?
• Makanannya Tidak Selalu Wortel
Pasti teman-teman mengira kalau kelinci selalu makan wortel dan tidak bisa makan makanan selain wortel. Padahal, hal ini tidak selalu benar, kelinci ternyata bisa saja tidak makan wortel, kok. Bahkan di alam liar, kelinci akan lebih memilih makan rumput liar dan cengkih. Kalau teman-teman punya kelinci peliharaan di rumah, berikanlah wortel sesekali sebagai camilan. Pastikan kita tidak berlebihan memberikan wortel, karena wortel mengandung banyak gula dan menyebabkan kerusakan gigi.
• Kelinci berkembang biak dengan cepat
Seekor kelinci siap untuk mulai berkembang biak pada usia 3 hingga 8 bulan. Begitu mencapai usia tersebut, kelinci bisa produktif selama delapan bulan dalam setahun hingga sisa umur mereka. Sistem reproduksi kelinci betina tidak mengikuti siklus; sebaliknya, ovulasi dipicu oleh hubungan seksual. Setelah masa kehamilan 30 hari, kelinci betina akan melahirkan sekitar empat hingga 12 anak.
• Kelinci banyak minum
Kelinci membutuhkan pasokan air yang cukup. Seekor kelinci yang beratnya 1 kg akan minum air sebanyak anjing yang beratnya 5 kg dalam sehari. Mangkuk air lebih disukai daripada botol karena lebih mudah diminum, lebih mudah dibersihkan, dan tidak tersumbat. Ingatlah untuk mengganti air untuk kelinci setiap hari dan bersihkan mangkuknya secara teratur.
• Kelinci Bisa Mengekspresikan Kebahagiaan
Tahukah teman-teman kapan ketika kelinci merasa bahagia? Ternyata kelinci bisa mengekspresikan kebahagiaannya dengan cara melompat sambil melakukan putaran di udara. Teman-teman perlu mengamati tingkah laku kelinci seharian agar bisa melihat aksi yang menggemaskan ini. Tingkah laku kelinci yang seperti ini punya istilahnya juga, namanya “binky”. Jadi, ekspresi bahagia kelinci ini bisa disebut binky.
• Kelinci terkadang bisa memakan kotorannya sendiri
Mereka butuh dua kali proses makan untuk bisa menyerap nutrisi makanannya secara maksimal. Jenis kotoran yang dikonsumsi kelinci bernama cecotropes, yaitu kotoran lunak yang lembut dan mengandung nutrisi yang belum sempat ia cerna pada kali pertama mereka makan.
• Penglihatan kelinci mencakup hampir 360 derajat
Jangan heran bila kamu sulit menangkap kelinci meskipun menyergapnya dari belakang, sebab kelinci memiliki penglihatan yang mencakup hampir 360 derajat. Ini sangat membantu kehidupan kelinci saat berada di alam bebas, karena dengan begitu kelinci bisa menghindari predator yang memangsanya.
• Kelinci mudah merasa bosan dan butuh teman
Memelihara kelinci dalam kandang dan membiarkannya mereka sendirian tanpa mainan atau teman adalah salah satu hal yang bisa menyiksanya. Kelinci mudah merasa bosan sehingga harus diberi teman sesama kelinci atau mainan yang lucu. Ini juga menjadi alasan kenapa kamu butuh kandang dan ruangan yang luas agar bisa merawat kelinci dengan baik.
Demikianlah beberapa fakta mengenai kelinci. Semoga bermanfaat!