Khasiat Pada Bunga Peony
Peony merupakan salah satu jenis bunga tertua yang sudah ada sejak 4.000 tahun lalu.
Memiliki bentuk yang cantik, warna yang indah, serta aroma yang harum dan manis membuat peony menjadi salah satu bunga terindah dan populer di dunia. 
Sekuntum bunga peony memiliki lebar mencapai 25 sentimeter, tergantung varietasnya. Bunga yang tergolong keluarga Paeoniaceae ini hadir dalam banyak warna, di antaranya pink, putih, merah, oranye, ungu, juga kuning. 
Bunga dengan kelopak dan warna-warna pastel ini sering dimanfaatkan untuk dekorasi kuil, taman atau rumah bangsawan. Selain bentuknya yang indah, bunga ini juga mempunyai aroma yang lembut dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Sejak dulu, negara cina sudah memanfaatkan bunga peony untuk mencegah kram perut saat menstruasi.
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 1982 silam, menyebutkan jika bunga peony memiliki manfaat anti-inflamasi yang tinggi dan juga sifat anti-bakteri. Selain itu, peony juga memiliki komposisi kimia kompleks, yang terdiri dari minyak atsiri, flavonoid, saponin, tanin, pati, asam organik, nikel, kalsium, dan juga resin.
Semoga artikel ini bermanfaat!