Klasifikasi Bunga Seruni
Bunga seruni atau krisan adalah sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias pekarangan atau bunga petik.
Bunga krisan (Cryshantemum) adalah salah satu bunga dari suku Asteraceae yang berupa perdu atau semak. Bunga ini di Indonesia dikenal sebagai bunga seruni atau bunga emas (Golden Flower). Tumbuhan ini termasuk tumbuhan tua karena muncul pertama kali pada zaman kapur dan masih bertahan hingga saat ini.
Klasifikasi Ilmiah
Kingdom : Plantae
Divisi : Angiospermae
Sub divisi : Eudikotil
Kelas : Asteridae
Ordo : Asterales
Famili : Asteraceae
Suku : Anthemideae
Genus : Cryshantemum
Selain itu bunga Krisan juga banyak dibudidayakan orang sekitar untuk di jual. Untuk membudidayakan bunga ini dapat dilakukan dengan stek. Selain itu untuk menumbuhkan bunga krisan bisa dilakukan dengan kultur in vitro. Bunga ini akan tumbuh dengan baik jika memperhatikan kondisi tanah dan pemupukannya.
Krisan merupakan tamanman yang memiliki hari pendek dan berbunga pada penyinaran kurang dari 13 jam sehingga terkadang dalam pembudidayannya perlu dilakukan manipulasi lingkungan misalnya dengan memanipulasi intensitas cahaya yang diterima oleh bunga.
Selain dikenal indah karena bentuknya yang cantik, bunga krisan juga dikenal memiliki banyak manfaat diantaranya dapat di tambahkan ke dalam teh agar lebih wangi dan nikmat, selain itu manfaat lain dari bunga ini adalah sebagai fungisida dan insektisida nabati. Bonggol bunganya mempunyai senyawa piretrin, senyawa yang menghasilkan racun dan bersifat mengusir dan membunuh nyamuk dan serangga lainnya
Itulah penjelasan mengenai bunga seruni atau krisan. Semoga bermanfaat!