Manfaat Bunga Teratai
Bunga teratai telah lama digunakan sebagai bahan masakan maupun pengobatan tradisional di Asia Timur dan Asia Tenggara.
Bunga teratai terkenal hidup di permukaan air yang tenang. Bunga yang termasuk ke dalam tanaman hias ini banyak dibudidayakan di Asia. Bukan hanya untuk kesehatan dan kecantikan, bunga teratai juga memiliki kegunaan dalam dunia kuliner di banyak negara Asia. Sementara ekstrak bunga teratai banyak digunakan dalam pengobatan tradisional. Tak banyak yang tahu, rupanya manfaat bunga teratai baik untuk kesehatan. Manfaat bunga teratai dari mengontrol tekanan darah hingga menjaga daya tahan tubuh. Yuk, cari tahu manfaat bunga teratai untuk kesehatan!
• Menetralkan Gula Darah
Ada banyak makanan yang secara alami dapat menetralkan kadar gula darah dan lemak darah. Salah satunya adalah bagian akar teratai. Manfaat bunga teratai terutama pada bagian akarnya mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang bisa membantu mengelola dua komponen yang memicu penyakit kardiovaskular. Karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak nutrisi daripada karbohidrat sederhana. Mereka lebih tinggi serat dan dicerna lebih lambat. Hal ini juga membuat gizi yang terkandung di dalamnya jadi lebih banyak.
• Mengontrol Tekanan Darah
Manfaat bunga teratai untuk kesehatan yang pertama dalah untuk mengontrol tekanan darah. Pasalnya bunga teratai dikenal mengandung kalium, di mana zat tersebut dipercaya dapat menjaga keseimbangan cairan serta membantu menjaga pembuluh darah tetap terbuka lebar.
Mineral ini tergolong elektrolit karena sangat reaktif dalam air. Ketika dilarutkan dalam air, menghasilkan ion bermuatan positif. Sifat khusus ini memungkinkannya menghantarkan listrik, yang penting untuk banyak proses di seluruh tubuh. Menariknya, diet kaya kalium dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan yang kuat. Ini dapat membantu mengurangi tekanan darah dan retensi air, melindungi dari stroke dan membantu mencegah osteoporosis dan batu ginjal.
• Mengatasi diare
Pada bagian tengah bunga teratai, terdapat kumpulan biji teratai. Biji ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi diare. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup merendam biji teratai dalam air hangat selama beberapa jam, lalu meminumnya selagi hangat. Tambahkan gula sesuai selera untuk menyedapkan rasa.
• Mengurangi peradangan
Biji bunga teratai dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan biji bunga teratai mengandung senyawa polisakarida yang memiliki efek antiradang serta antioksidan. Manfaat bunga teratai ini sangat penting, karena adanya peradangan dalam tubuh diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.
• Menjaga Daya Tahan Tubuh
Batang tanaman teratai kaya akan vitamin C yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit. Untuk mendapatkan manfaat teratai yang satu ini, Moms bisa merebus akar dan batangnya selama 10 menit lalu mengonsumsinya. Salah satu alasan utama orang mengonsumsi suplemen vitamin C adalah untuk meningkatkan kekebalan mereka, karena vitamin C terlibat dalam banyak bagian sistem kekebalan.
• Menghilangkan Jerawat
Manfaat teratai untuk wajah dan kecantikan juga bisa dirasakan. Menambahkan teratai ke dalam minuman teh hijau. Ini dipercaya bisa membantu mengurangi sebum yang berlebih penyebab jerawat.
Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengungkap keampuhan teh hijau dan manfaat bunga teratai untuk mengatasi masalah jerawat. Teh hijau dan teratai mengandung beberapa senyawa antioksidan sinergis. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kemanjuran dari teh hijau dan teh hijau ditambah beberapa emulsi teratai. Hasilnya, terjadi penurunan sekresi sebum yang stabil dan signifikan secara statistik dalam 60 hari pengobatan, baik pengobatan mono (teh hijau saja) maupun kombinasi (teh hijau ditambah teratai).
Bila Anda ingin mengambil manfaat bunga teratai sebagai obat herbal untuk keperluan medis tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Semoga informasi ini bermanfaat!