Asal Usul Bunga Hydrangea
Hydrangea atau hortensia merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki warna bunga yang cerah.
Bunga ini memiliki nama lain Kembang Bokor, Hortensia, Bunga Tiga Bulan. Hydrangea mekar sekitar Juni hingga Juli selama musim hujan. Sangat indah melihatnya mekar di musim hujan.
Hydrangea merupakan bunga asli Jepang dan Korea. Bunga ini memiliki banyk sekali cerita di belakangnya seperti dalam salah satu cerita, hydrangea menyimbolkan permintaan maaf. Dalam sejarah tersebut diceritakan bahwa saorang Kaisar Jepang memberi bunga tersebut kepada keluarga kekasihnya sebagai permohonan maaf karena telah melakukan suatu kesalahan.
Ini menjadikan bunga hydrangea dapat digunakan untuk mengespresikan pengakuan rasa bersalah dan menjadi hadiah tepat sebagai buket bunga permintaan maaf.
Namun hydrangea juga mempunyai arti kebahagiaan karena arti lainnya bunga ini adalah perasaan tulus dan cinta sejati. Maka dari itu bunga ini kerap digunakan sebagai hiasan atau bagian dari buket bunga pernikahan. Penggunaan hydrangea di sini dapat dikatakan untuk merayakan cinta kasih yang tulus dan mendoakan kelanggengan hubungan pasangan tersebut.
Hydrangea biasanya berwarna pink, biru, ungu, dan hijau. Simbolisme hydrangea untuk setiap warna adalah sebagai berikut:
• Hydrangea merah muda melambangkan emosi & hati yang tulus.
• Hydrangea biru melambangkan permintaan maaf.
• Hydrangea putih melambangkan membual atau menyombongkan diri.
• Hydrangea ungu melambangkan keinginan untuk sangat memahami seseorang.
Demikian informasi mengenai asal usul bunga hydrangea. Semoga bermanfaat!