Misterius dan Legendaris
Harpa adalah instrumen senar besar yang dipetik, salah satu instrumen senar tertua di dunia yang dipetik, dan berasal dari Persia kuno.
Harpa modern dirancang pada tahun 1810 oleh pianis Prancis S. Ellard, dan memiliki 47 senar dengan panjang yang berbeda, serta memiliki 7 pedal yang mengubah nada senar untuk dapat dimainkan di semua tuts.
Harpa memiliki suara yang indah dan kaya, dan merupakan instrumen warna-warni khusus untuk orkestra simfoni dan kabaret, terutama untuk iringan harmonis dan ornamen glissando.
Dalam musik kamar (chamber music), harpa juga merupakan instrumen solo yang penting, dengan kelembutan dan keindahan yang menular saat dimainkan solo.
Struktur dan bahan harpa, sebagai berikut:
Tubuh harpa terbuat dari kayu (termasuk tiang, papan pasak, kotak resonansi, dan alas), dan sistem kemudi (termasuk senar, poros, mekanisme transmisi variabel, dan pedal).
Kombinasi string biasa atau ideal:
String nilon untuk treble, string usus untuk alto, dan String luka logam untuk bass.
Mekanisme penggerak pitch variabel: menggunakan pelat kuningan melengkung.
Dua jenis harpa dan permainan yang umum, sebagi berikut:
1. Pedal harpa, biasanya dengan 47 senar, tetapi juga dengan model yang lebih kecil seperti 46 atau 44 senar. Harpa pedal memiliki berbagai macam suara dan teknik bermain yang kompleks dan dapat memainkan semua nada suara, menjadikannya instrumen warna-warni yang penting untuk orkestra dan solois yang hebat.
Ada 7 pedal di bawah harpa, masing-masing mengendalikan semua nada eponim di baris. Semua pedal memiliki desain tiga tahap, yang dapat diinjak untuk menaikkan atau menurunkan nada, dengan posisi tengah untuk menunjukkan pengurangan.
Dengan menggunakan pedal, pemain dapat memainkan skala heptatonik di semua tombol dan dapat memodulasi bentuk skala lainnya.
2. Harpa kromatik / harpa tuas relatif kecil, tanpa sistem pengubahan pedal, spesifikasi umum adalah 38 senar, 34 senar, 27 senar, dll.
Jangkauan dan kemampuan transposisi terbatas, repertoar terbatas. Namun, mudah dibawa dan dapat digunakan untuk aplikasi solo dan pengiring.
Harpa dimainkan dengan jari pertama hingga keempat dari tangan kiri dan kanan, tanpa kelingking.
Bagian sopran dari skor dimainkan oleh tangan kanan dan bagian bass dimainkan oleh tangan kiri.
Satu tangan dapat memainkan nada tunggal, nada ganda, Akor (bunyi simultan), dan hingga empat nada di masing-masing tangan, dengan lebar maksimum sepuluh derajat.
Ketika rentang pola nada Lebar, mudah untuk memainkannya secara tidak langsung, dengan nada yang koheren untuk koneksi nada.
Kedua tangan dapat ditukar untuk menghasilkan akord nada tunggal seperti piano. Kedua tangan juga dapat memainkan nada yang saling terkait dalam register yang sama.
Kesulitan bermain harpa, sebagai berikut:
Kesulitannya sulit untuk mengatur catatan, ada pedal 7-kaki. Kesulitan menggunakan tangan dan kaki tinggi, dan koordinasi fisik pemain harus sangat baik.
Hal apa saja yang perlu di perhatikan untuk pemeliharaan harpa?
Dalam penggunaan normal, harpa akan bertahan lama jika dengan perawatan berikut:
1. Hindari matahari, hujan, atau perubahan dan dampak suhu tinggi.
2. Tubuh (bagian kayu) dapat dibersihkan dengan minyak dan kain kering agar tetap cerah dan bersih.
3. String (string nilon) adalah bahan yang dapat dibuang dan cenderung pecah jika digunakan secara tidak benar, jadi Anda harus memesan satu set string tambahan.
4. Jika rusak dan tidak dapat diperbaiki dengan mudah, Anda dapat meminta teknisi profesional untuk memperbaikinya.