Cara Membuat Lolipop
Lolipop adalah permen gula terfavorit yang sudah ada sejak zaman dulu. Asal usul cara membuat permen lolipop menduga berasal dari cara manusia purba untuk mengumpulkan madu dengan menggunakan tongkat. Mereka kemudian mengonsumsi madu yang telah berhasil mereka kumpulkan langsung dari tongkat tersebut.
Cikal bakal permen lolipop yang lebih modern memperkirakan menemukan pada masa kebudayaan arab,cina dan mesir kuno. cara membuat permen lollipop saat itu masyarakat mereka membuat “permen” dengan cara mencampur buah-buahan atau kacang-kacangan. dengan madu kemudian menusuk dengan tangkai agar lebih mudah menikmati.
Permen adalah salah satu jenis camilan yang paling disukai oleh anak-anak. Jenis permen yang tersedia pun beraneka ragam, baik dari segi rasa maupun bentuk. Namun secara umum, rasa permen tentunya adalah manis terlepas dari bahan campuran apa yang digunakan. Selain enak karena manis, permen juga disukai karena dapat membantu membuat napas menjadi segar dan wangi.
Selain membeli di warung atau supermarket, ternyata Anda pun bisa membuat permen sendiri di rumah. Bahkan, cara membuat permen tergolong sangat mudah dilakukan. Selain mudah, tentu lebih sehat juga apabila permen untuk buah hati adalah permen homemade yang bebas dari bahan pengawet. Inilah cara membuat lolipop yang enak.
Bahan
-Lolipop
-200 gram gula pasir
-120 ml sirup jagung yang berwarna kuning muda
-60 ml air
-1 sendok teh perisa makanan, seperti vanilla, rose, kayu manis, atau jeruk
-5 tetes pewarna makanan
-Cetakan lolipop dan batang lolipop
Membuat Lolipop
Siapkan cetakan lolipop Anda. Semprot cetakan dengan semprotan anti lengket untuk memasak atau non stick cooking spray sehingga Anda dapat melepaskan lolipop tanpa membuatnya pecah nantinya. Letakkan batangan lolipop dalam cetakan.
Resep ini bisa menggunakan cetakan permen keras apa saja. Anda bisa memakai cetakan berbentuk bundar, bintang, berbentuk hati, atau cetakan jenis lain yang sesuai selera Anda.
Pastikan Anda menggunakan cetakan khusus permen, dan bukan cetakan untuk jenis makanan lain, sebab cetakan khusus permen sudah dirancang untuk mencegah permen lengket pada cetakan.
Masukkan gula, sirup jagung dan air di dalam panci. Letakkan panci di atas kompor dengan api sedang.
Aduk-aduk campuran tadi sampai gula larut. Keruk sisi-sisi dalam panci dengan kuas kue pastry untuk mencegah adonan lengket di panci.
Masak adonan hingga benar-benar mendidih. Setelah itu, berhenti mengaduk kemudian cek temperatur adonan dengan termometer permen. Biarkan adonan tersebut agar terus mendidih hingga suhu 146 derajat Celcius, setelah itu segera matikan apinya.
Mematikan api pada suhu yang tepat seperti ini adalah langkah yang penting. Gunakan termometer permen, dan bukan termometer daging, agar dapat yakin bahwa perhitungan Anda tepat.
Tuang lalu aduk perisa makanan dan pewarna makanan.
Tuang adonan permen tersebut ke dalam cetakan lolipop dengan sendok.
Biarkan lolipop mengeras sebelum Anda melepasnya dari cetakan.
Jika Anda menyukai artikel ini, silakan teruskan ke teman Anda!