Cara Membuat Pai Labu
Siapa sih, yang tidak mengenal pie, atau kue pai? Cemilan ini sudah terkenal akan kelezatannya, dan sangat mudah ditemukan di berbagai toko kue, bahkan beberapa restoran di Indonesia. Dalam Bahasa inggris, pie memiliki arti adonan pastry yang diberikan isi.
Pie merupakan hidangan yang terbuat dari adonan pastry yang dijadikan sebagai luaran, kemudian diisi dengan berbagai jenis bahan dan isi, kemudian dimasak dengan cara dipanggang. Pie memiliki tekstur yang renyah diluar, namun lembut di bagian isi atau di dalam. Walaupun yang sering ditemukan berisi buah-buahan, ternyata masih banyak lho, bahan yang dapat dijadikan isi pie.
Apakah Anda pernah ingin membuat pie labu langsung dari buah labu, bukan dari labu kalengan? Ikuti langkah berikut ini untuk mengubah labu segar Anda menjadi pie lezat yang cocok dinikmati selama liburan.
Anda tidak perlu membeli bumbu pai labu yang sudah jadi di toko. Buatlah sendiri campuran bumbu menggunakan bahan-bahan yang mungkin sudah Anda miliki di dapur. Dengan membuat campuran bumbu sendiri, Anda bisa menyesuaikan jumlahnya sesuai keinginan dan juga bisa menghemat uang.
Bahan
· 1 cangkir berisi gula coklat muda
· 1 sendok makan tepung maizena
· 1/2 sendok teh garam
· 1 sendok teh jahe bubuk
· 1 sendok teh bubuk kayu manis
· 1/8 sendok teh cengkeh tanah
· 1 1/2 cangkir Labu Puree segar, atau kalengan
· 3 telur besar, ringan dipukul, ditambah 1 telur untuk glasir
· 1 1/2 cangkir susu evaporated
· Pate Brisee (Pie Dough)
· 1 sendok makan krim kental
Cara membuat
· 1.Panaskan oven sampai 425 derajat. Lapisi loyang dengan kertas roti; menyisihkan. Dalam mangkuk besar, campurkan gula, tepung maizena, garam, jahe, kayu manis, cengkeh, pure labu, dan 3 butir telur. Kocok dengan baik. Tambahkan susu evaporated, dan gabungkan. Menyisihkan.
· 2.Antara dua lembar bungkus plastik, gulung pate brisee menjadi lingkaran 12 inci. Masukkan kue ke dalam piring pie kaca 9-inci; potong adonan secara merata di sepanjang tepinya, sisakan sekitar 1/2-inch overhang. Cubit untuk membentuk tepi dekoratif. Jika adonan mulai melunak, dinginkan selama 15 menit.
· 3.Buat glasir: Kocok telur yang tersisa, dan gabungkan dengan krim kental. Sikat glasir sangat ringan pada tepi cangkang pie. Isi cangkang pie dengan campuran labu. Transfer ke loyang disiapkan.
· 4.Panggang selama 10 menit. Kurangi panas hingga 350 derajat dan lanjutkan memanggang selama 30 menit lebih. Dinginkan rak kawat.
Jika Anda menyukai artikel ini, silakan teruskan ke teman Anda!