Manfaat Basket
Basket adalah salah satu olahraga yang popular di dunia. Permainannya yang cepat dan saling bersaing ketat dalam perebutan bola membuat olahraga yang satu ini terlihat seru dan sangat kompetitif. Namun tahukah Anda bermain basket secara teratur dapat memberikan Anda sejumlah manfaat kesehatan, simak hal berikut:
·Meningkatkan kesehatan tulang
Sebuah riset membuktikan, bermain basket atau olahraga tim memiliki efek positif terhadap kekuatan tulang.
Dalam studi itu dibuktikan bahwa atlet yang suka bermain basket atau sepak bola memiliki kepadatan tulang yang lebih kuat, dibandingkan orang yang kurang aktif bergerak.
·Meningkatkan Kekuatan Otot
Manfaat bermain bola basket yang pertama adalah meningkatkan kekuatan otot. Bermain bola basket membutuhkan kelincahan, kekuatan, dan stamina. Moms juga harus bergerak cepat untuk mengubah arah menggunakan kontraksi otot berintensitas tinggi dan berdurasi pendek. Manuver yang dilakukan membutuhkan daya tahan otot yang kuat. Jadi, otot mampu menerapkan kekuatan dalam waktu yang lama. Selain otot kaki dan tangan, bermain bola basket juga memperkuat otot inti dan punggu. Hal tersebut memberikan dampak positif pada stamina, energi, level, dan kinerja tubuh secara keseluruhan.
·Meningkatkan Stamina dan Membangun Ketahanan Tubuh
Daya tahan didefinisikan sebagai kemampuan tubuh untuk tetap aktif untuk jangka waktu yang lebih lama. Selama hari-hari awal Anda bermain basket, Anda mungkin akan menemukan diri Anda selalu kekurangan energi. Tetapi dengan latihan teratur, Anda dapat mengembangkan daya tahan dan meningkatkan stamina Anda. Basket menantang pemain untuk mendorong diri mereka, dan semakin lama Anda bermain, semakin kuat Anda menjadi.
·Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi Gerak Tubuh
Bermain bola basket mengharuskan tubuh mengembangkan koordinasi tangan, mata, dan kaki secara bersamaan. Anda juga dituntut untuk menjaga keseimbangan sepanjang gerakan, agar tidak terjadi cedera saat bermain. Bermain basket perlu menggerakkan tubuh dengan cepat saat melompat, berputar, atau mengubah arah. Selain itu, bola basket menuntut tubuh menggunakan keterampilan motorik, seperti menembak, mengoper, dan menggiring bola. Mempertahankan posisi tubuh yang kuat membantu melakukan semua gerakan dengan lebih mudah.
·Membantu Anda Menurunkan Berat Badan
Basket adalah olahraga cepat, dan melibatkan banyak gerakan cepat dan tajam, belum lagi berlarian. Ini membantu membakar kalori dan membuat Anda tetap fit. Rata-rata pemain berlari 4 sampai 5 mil selama satu jam bermain. Bahkan, riset telah menunjukkan bahwa sesi intens basket dapat membantu Anda membakar 650-750 kalori per jam.
Olahraga bola basket adalah salah satu aktivitas fisik yang menyenangkan untuk setiap kalangan. Selain kesehatan fisik, kesehatan mental pun juga diuntungkan dengan bermain basket. Jadi tidak ada salahnya Anda mengajak teman atau keluarga untuk keluar rumah, mencari lapangan, dan bermain basket agar kesehatan tetap terjaga.