Bola Basket
Di kalangan anak muda, olahraga bola basket merupakan salah satu olahraga yang banyak peminatnya.
Hal ini tak lepas dari anggapan bahwa basket adalah olahraga yang sangat keren karena mulai dari skill sampai style setiap pemainnya membuat siapa saja dapat terpukau.
Namun sayang, tak banyak dari mereka yang tahu tentang sejarah olahraga itu, padahal hal tersebut sangat berguna untuk bisa mengenal basket lebih dalam. Oleh karena itu, berikut ini kami sajikan sejarah bola basket mulai dari awal terciptanya sampai induk organisasinya agar semakin menambah wawasanmu.
Sejarah bola basket, pertama kali diciptakan sebelum adanya permaianan bola voli oleh seorang guru olahraga bernama James Naismith pada tahun 1891.
Awal mulanya, James Naismith ingin menciptakan sebuah permaianan/ olahraga yang dapat dimainkan oleh murid-muridnya di dalam ruangan tertutup pada saat musim dingin.
James mulai menciptakan olahraga bola basket, dengan mengambil inspirasi dari permainannya di masa kecil. Tentu nya basket yang James ciptakan saat itu sudah jauh berbeda dengan permainan basket saat ini.
Beberapa aturan yang coba ia terapkan yaitu, setiap tim/ kelompok terdiri dari 9 orang. Tidak ada yang namanya dribble. Sehingga teknik penggiringan yang digunakan saat itu hanya dengan melempar bola.
Seiring dengan berjalannya waktu, permainan bola basket semakin berkembang dan dikenal. Mulai saat itu juga permainan itu diberi nama basketball.
Permainan basket terus menyebar khususnya di Amerika, dan terus berkembang pesat hingga saat ini.
Sejarah bola basket di Indonesia tak bisa lepas dari para perantau yang datang ke Tanah Air. Pada tahun 1920-an, para perantau asal China masuk ke Indonesia. Beberapa dari mereka memperkenalkan bola basket ke Tanah Air. Sebelumnya, bola basket lebih dulu berkembang sekitar dua dasawarsa di China. Saat datang di Indonesia, para perantau tersebut membentuk komunitas sendiri termasuk mendirikan sekolah China. Dari sekolah-sekolah tersebut olahraga mulai berkembang di Indonesia hingga kini.
Permainan bola basket akhirnya diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1930. Bola basket termasuk salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada PON I, 3 September 1948 di Solo.
Pada saat itu, induk organisasi bola basket Indonesia belum terbentuk. Baru pada 23 Oktober 1951 lahirlah induk organisasi permainan bola basket Indonesia, yaitu Persatuan Basketball Seluruh Indonesia (Perbasi). Organisasi ini dipelopori oleh Tonny Wen dan Wim Latumeten.
Semakin hari, permainan bola basket terus berkembang. Peraturan bola basket pun kian berubah.
Seiring berjalannya waktu, bola basket mempunyai posisi peminat paling tinggi. Munculnya liga di Amerika serikat dikarenakan popularitas dalam permainan ini. Salah satunya adalah National basketball Association atau sering diketahui namnya dengan NBA
NBA melahirkan nama-nama banyak atlit yang di gemari oleh seluruh dunia. Mencetak pemain bola basket merupakan bagian dari sejarah perkembangan olahraga ini. Oleh karena itu, pertandingan resmi diadakan setelah permainan ini mulai meroket.Final NBA sedang diadakan baru-baru ini.
Apakah Anda memiliki tim favorit? Semoga Anda menyukai artikel ini.