Balap Sepeda
Balap Sepeda Jalan Raya adalah sebuah olahraga balap sepeda yang dilakukan di jalan umum dengan perkerasan. Istilah "balap jalan raya" umumnya dilakukan di sebuah event di mana pembalap yang berkompetisi berangkat secara bersamaan (kecuali pada event dengan kemampuan khusus) dengan pemenangnya adalah pembalap yang mencapai garis finis pertama kali (individual dan team time trial adalah bentuk lain dari balap sepeda jalan raya).
Balap sepeda jalan raya mulai menjadi olahraga terorganisir pada tahun 1868. Kejuaraan dunia pertama diadakan pada tahun 1893 dan bersepeda telah menjadi bagian dari Olimpiade sejak era modern dimulai di Athena pada tahun 1896.
Sejarah Balap Sepeda Di Indonesia
Sekitar pada abad ke – 19, orang biasa atau masyarakat biasa sudah bisa menggunakan sepeda dan memiliki sepeda sebagai barang pribadinya baik digunakan sebagai transportasi ataupun hal lainnya. Itu terjadi di karenakan adanya ekspor sepeda besar – besaran yang berasal dari negara Inggris dan negara Belanda. Setelah itu banyak sebuah komunitas – komunitas sepeda yang ada di negara Indonesia dan kompetisi balap sepeda yang diadakan oleh kalangan pribumi negara Indonesia.Pada waktu itu balap sepeda menjadi sebuah tren yang banyak di minati oleh kalangan rakyat pribumi Indonesia dan pusat kota yang menjadi sebuah trending balap sepeda pada saat itu adalah kota Bandung dan kota Semarang.
Di Indonesia, kejuaraan balap sepeda jalan raya yang secara rutin diselenggarakan dan masuk dalam kalender balap internasional adalah Tour de Singkarak, Tour d'Indonesia, Tour de Ijen, dan Tour de East Java.
Jenis Sepeda
Sebelum kita memulai bersepeda, langkah awal yang wajib kita lakukan adalah memilih jenis sepeda, yaitu memilih jenis sepeda sesuai dengan minat dan kemampuan kita dalam mengendarai jenis sepeda. Berikut ini adalah jenis-jenis sepeda berdasarkan fungsinya sebagai alat olahraga.
· Triathlon Bicycle
Triathlon adalah kompetisi multipel yang melibatkan penyelesaian tiga disiplin yaitu ketahanan, berkelanjutan dan sekuensial. Banyak variasi olahraga dari triathlon, dalam bentuknya yang paling populer melibatkan berenang, bersepeda, dan lari maraton.
· Racing BMX
Racing BMX bicycle adalah sepeda yang digunakan untuk balapan sprint dengan lintasan balap satu jalur off-road, yang biasanya terdiri dari gerbang pembuka, rack lompatan dan garis finish.
· Cyclo Cross
Cyclo Cross adalah bentuk balap sepeda yang biasanya berlangsung di musim gugur dan musim dingin (musim internasional atau "Piala Dunia" adalah Oktober-Februari), dan terdiri dari banyak putaran yang pendek (2,5-3,5 km atau 1,5-2 mil). Medannya bisa trotoar, jalur berhutan, rumput, bukit terjal dan rintangan yang mengharuskan pengendara untuk segera turun dari sepeda, membawa sepeda sambil menavigasi halangan dan menaiki sepeda kembali.
· Cross Country Bicycle
Cross country bicycle (atau XC bikes) adalah sepeda gunung dengan bingkai yang ringan, dengan suspensi depan atau full. Sepeda ini dirancang untuk perjalanan jarak jauh dan maraton.
· Downhill Bicycle
Downhill bicycle (juga dikenal sebagai downhill mountain bike) adalah sepeda suspensi penuh yang dirancang untuk bersepeda menuruni lereng yang sangat curam dan berbatu.
Belajar tentang kompetisi bersepeda, cobalah untuk bergabung dengan bersepeda!