Tren Penjualan Mobil
Menurut data yang dirilis oleh Federasi Dealer Mobil Brasil (Fenabrave) pada tanggal 2 waktu setempat, pada bulan November tahun ini, volume penjualan mobil di Brasil adalah 203.900, menunjukkan adanya peningkatan hingga 12,78% dari bulan ke bulan dan meningkat 17,98% dari tahun ke tahun.
Data menunjukkan bahwa pada November tahun ini, volume penjualan mobil dan kendaraan komersial ringan di Brasil adalah 191.900, naik 13,93% dari bulan ke bulan dan 19,21% dari tahun ke tahun. Penjualan Truk adalah 9.935, turun 6,11% dari bulan ke bulan dan 5,72% dari tahun ke tahun. Penjualan Bus adalah 2.115, naik 15,7% dari bulan ke tahun dan naik 55,63% dari tahun ke tahun.
Data juga menunjukkan bahwa dalam 11 bulan pertama tahun ini, penjualan mobil di Brasil adalah 1,8872 juta, turun 1,31% dari tahun ke tahun. Di antara mereka, penjualan mobil dan kendaraan komersial ringan adalah 1,7556 juta, turun 1,42% dari tahun ke tahun. Penjualan Truk adalah 112.500, turun menjadi 2,41% dari tahun ke tahun. Penjualan Bus adalah 19.100, naik menjadi 18,39% dari tahun ke tahun.
Jos Albertus, Presiden Federasi Dealer Mobil Brasil, mengatakan bahwa tahun ini, penjualan kendaraan listrik ringan Brasil telah berkinerja baik, dengan penjualan mencapai 4.995 unit pada bulan November, meningkat menjadi 11,95%. Penjualan dalam 11 bulan pertama tahun ini adalah 43.700 unit, meningkat menjadi 43,5% dari tahun ke tahun.
Dalam menghadapi 2023 mendatang, ke mana industri otomotif akan pergi?
1. Penjualan makro di pasar mobil:
Saat ini, ada tiga faktor utama yang mempengaruhi penjualan kendaraan energi baru:
A. Penurunan subsidi. Pada tahun 2023, yang paling terpengaruh adalah model listrik murni A0 dan A-class dalam kisaran 10-150.000.
B. Harga minyak akan terus tetap tinggi, yang akan membuat banyak konsumen mempertimbangkan ekonomi energi baru saat membeli mobil.
C. Saat ini, pendidikan konsumen pada dasarnya telah selesai. Beberapa konsumen akan meragukan bahwa baterai tidak aman atau mempengaruhi kesehatan mereka.
Dalam konteks ini, kami percaya bahwa pada tahun 2023, seluruh pasar mobil penumpang akan terus lamban, mencapai pertumbuhan negatif -5% -0%. Penjualan keseluruhan energi baru akan menjadi sekitar 9 juta kendaraan, mencapai pertumbuhan lebih dari 60% dari tahun ke tahun.
Logika keseluruhan untuk membuat penilaian di atas adalah:
A. Perlambatan pertumbuhan ekonomi secara langsung akan mempengaruhi konsumsi mobil, tetapi akan mempengaruhi jumlah total, yaitu, pasar kendaraan bahan bakar akan terpukul paling keras.
B. daya saing energi baru relatif terhadap kendaraan bahan bakar akan semakin meningkat, dan tingkat penetrasi akan semakin diperluas.
C. Perusahaan mobil memiliki kemauan yang kuat untuk mengembangkan kendaraan energi baru, dan semua perusahaan mobil memiringkan banyak sumber daya ke kendaraan energi baru.
2. Tren Teknologi
Diharapkan pada paruh pertama tahun 2023, mengemudi dengan bantuan navigasi perkotaan akan dilaksanakan satu demi satu.
Pada paruh kedua tahun ini, Tesla, Baidu, dan Huawei akan mendarat. Fungsi mengemudi dengan bantuan navigasi perkotaan akan mulai memengaruhi keputusan pembelian dari konsumen.
Mengemudi dengan bantuan cerdas akan memasuki panggung tanpa peta presisi tinggi, dan rute persepsi visual murni secara bertahap akan menjadi rute teknis utama. Model besar, data besar, pelabelan diri, simulasi, pusat superkomputer, dll. akan menjadi standar, dan yang akan menjadi tantangan besar bagi sebagian besar perusahaan mobil.
Dalam hal kokpit pintar, chip Qualcomm 8295 akan mulai diterapkan tahun depan, dan 2023 juga akan menjadi tahun pertama bahwa daya komputasi mengemudi pintar akan diterapkan ke kokpit pintar.
Model AI akan dilokalkan, yang akan menghadirkan kemampuan percakapan suara dan kecepatan respons yang berkelanjutan. Dengan peningkatan yang substansial, kontrol mobil oleh orang-orang juga akan memasuki tahap baru. Pembukaan suara, pembukaan wajah, dan pembukaan bagasi akan terwujud. Selain itu, pola interaksi di dalam mobil akan lebih berlimpah, dan interaksi antara AR dan VR secara bertahap akan diimplementasikan.