Gelembung Besar Meledak
Mungkin kebetulan, atau mungkin itu adalah tindakan balas dendam atas Trolling Trevor Milton selama bertahun-tahun.
Pada bulan Oktober, Musk mengumumkan bahwa truk listrik Tesla,secara resmi dimasukkan ke dalam produksi dan akan dikirim ke pelanggan pertamanya, PepsiCo, pada bulan Desember. Selain itu, PGE, UPS, dan Walmart juga telah melakukan pemesanan.
Trevor Milton adalah pendiri Nikola Motors. Sama seperti Tesla mengambil nama belakangnya dari ilmuwan dan penemu Nikola Tesla, Nikola Motors mengambil nama ikon wirausaha.
Pada tahun 2014, ketika Musk dan Tesla terus menciptakan keajaiban bisnis baru, seorang pengusaha bernama Trevor Milton terinspirasi.
Sebelumnya, perusahaan penjualan alarm dan situs web penjualan mobil bekas yang didirikannya gagal. Meskipun dia adalah seorang profesional pemasaran, meskipun dia tidak memahami teknologi apa pun, dia tahu betul bahwa kewirausahaan perlu mengikuti tren.
Untuk diperhatikan oleh investor di antara perusahaan start-up yang luas, mereka harus secara langsung menargetkan perusahaan yang paling makmur di industri ini.
Dengan demikian, Nikola Motor Company secara resmi didirikan.
Sama seperti namanya, Nikola Motors harus bersaing dengan Tesla dalam segala hal. Tesla berfokus pada daya baterai lithium-ion, dan Nikola berfokus pada daya sel bahan bakar hidrogen.
Sekarang Tesla telah membangun pijakan yang kuat di bidang mobil energi baru, Nikola telah mengambil pendekatan yang berbeda dan memilih jumlah kepemilikan yang tinggi di pasar AS sebagai kategori utama.
Namun, gelembung itu akhirnya akan meledak suatu hari nanti. Pada September 2020, laporan dari agensi short-selling Hindenburg Research langsung membuat Nikola kembali ke bentuk aslinya.
Penyelidik bersaksi bahwa mobil prototipe yang diluncurkan pada peluncuran Nikola-1 hanyalah model yang tidak dapat digunakan dalam kehidupan nyata.
Gambar truk yang melaju dengan kecepatan tinggi di permukaan datar dalam video promosi menunjukkan model ditempatkan di lereng bukit, memungkinkannya meluncur dengan gravitasi. Volume pesanan perusahaan memiliki banyak konten palsu.
Setelah berita itu keluar, General Motors menyerahkan kesepakatan dengan Nicola, dan kinerja pasar Nicolas stagnan. Saat ini, nilai pasar Nikola hanya $1,3 miliar.
Selain fakta bahwa truk hidrogen Nikola kemudian diturunkan menjadi tipuan, Milton sendiri didakwa dengan berbagai kejahatan.
Pada 14 Oktober, waktu setempat, setelah empat minggu pengumpulan bukti dan enam jam musyawarah pengadilan, juri federal menemukan Milton, bahwa ia bersalah atas satu tuduhan penipuan sekuritas dan dua tuduhan penipuan kawat. Dilaporkan bahwa putusan Milton akan dirilis pada Januari 2023, dengan hukuman maksimal 20 tahun penjara.
Intinya, pembentukan gelembung Nikolai adalah kesaksian era yang mencolok. Oleh karena itu, tidak perlu membayar pajak, tetapi dapat mengumpulkan dana, dan membiarkan sekelompok orang menghasilkan banyak uang.