Hari bebas Mobil Eropa
Baru - baru ini, sekitar 3.000 kota besar dan kecil di beberapa negara Eropa mengadakan "pekan Transportasi Eropa". Tema pekan transportasi tahun ini adalah "Connecting Better."
Tujuan dari kampanye ini adalah untuk fokus pada mempromosikan transportasi berkelanjutan, dengan tujuan mendorong lebih banyak orang untuk mengubah cara mereka bepergian dan memilih transportasi umum dan solusi transportasi yang bersih dan cerdas.
Sebagai kegiatan pendukung penting "pekan Transportasi Eropa", Ibu Kota Belgia Brussels baru-baru ini mengadakan "Hari Bebas Mobil" tahunannya. Pada "Hari Bebas mobil", semua kendaraan bermotor kecuali yang memiliki tiket khusus, serta bus, taksi, dan kendaraan penyelamat perkotaan, akan dilarang pada siang hari.
Wartawan mencatat bahwa banyak keluarga turun ke jalan dengan sepeda, dan beberapa orang memilih untuk skateboard atau naik kuda sebagai gantinya.
Selain Brussels, hari bebas Mobil sedang berlangsung di lebih dari 50 kota dan kota di seluruh Belgia. "Kampanye Car-Free Day memberi kita kesempatan untuk memilih cara yang lebih hijau dan lebih sehat untuk bepergian dan menikmati pemandangan di sekitar kita. Selain itu, bersepeda, berlari, dan sebagainya dapat meningkatkan komunikasi antara keluarga dan teman, yang sangat berarti." Salah satu Warga setempat mengatakan kepada wartawan.
Selama "Pekan Transportasi Eropa", Brno, kota terbesar kedua di Republik Ceko, mengadakan Hari Lalu Lintas Kota, Hari Keselamatan Jalan, dan kegiatan lainnya.
Otoritas Pariwisata Luksemburg menawarkan sepeda bebas sewa, dan pemerintah setempat telah bermitra dengan LSM untuk meluncurkan kampanye berjudul "Ini adalah perjalanan untuk semua orang" menyerukan lebih banyak orang untuk menggunakan transportasi umum dan membantu penumpang penyandang cacat.
Kota Amersfoort di Belanda untuk sementara menutup beberapa jalannya yang sibuk untuk kendaraan bermotor, dan lalu lintas padat di jalan menghilang. Musik, Olahraga, dan kegiatan lainnya diadakan.
Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa negara Eropa telah mengadopsi langkah-langkah seperti meningkatkan sistem transportasi berkelanjutan untuk memandu orang melakukan perjalanan hijau.
Pada bulan Agustus, jalur kereta api regional yang menjalankan kereta bertenaga hidrogen dibuka di negara bagian Lower Saxony, Jerman Utara. Jalur ini memiliki panjang sekitar 100 kilometer dan saat ini memiliki 14 kereta penumpang bertenaga hidrogen yang beroperasi. Kota Paris telah mengubah bagian dari Champs-Elysees menjadi jalan pejalan kaki setiap hari Minggu, dan melarang kendaraan bermotor.
Di wilayah Walloon Belgia, untuk mendorong lebih banyak orang menggunakan transportasi umum, mulai 1 September, kaum muda berusia 18-24 tahun dan mereka yang berusia di atas 65 tahun dapat membeli annual pass untuk perjalanan tanpa batas.
Banyak bus di wilayah Walloon dilengkapi dengan stand sepeda sehingga orang dapat membawa sepeda mereka di bus.
Pemerintah Spanyol telah memangkas tarif bus sebesar 30 hingga 50 persen. Selain itu, kereta jarak pendek dan menengah hingga 300 kilometer yang dioperasikan oleh operator kereta api Nasional Spanyol akan gratis untuk penumpang antara 1 September dan 31 Desember.
Negara-negara Eropa berharap dapat mendorong lebih banyak orang untuk menjadi hijau dan mengurangi dampak kendaraan bermotor terhadap lingkungan melalui acara-acara seperti hari bebas mobil, festival bersepeda, pameran mobil listrik, dan forum transportasi.
"Setiap kota memiliki karakteristiknya sendiri dan skema transportasi terbaik adalah menyediakan pilihan terbaik bagi penduduk setempat." Adina Variance, Komisaris Eropa yang bertanggung jawab atas transportasi.